75 persen warga Kota Jayapura miliki e-KTP

Layanan di Disdukcapil Kota Jayapura Papua
Warga sedang antre mengurus dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Jayapura, Provinsi Papua, Andi Rahmiwati, mengatakan 75 persen warga di Kota Jayapura sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP.

“Per Juni 2020 penduduk di Kota Jayapura ada 422.165 jiwa. Wajib e-KTP ada 300 ribu lebih,” ujar Andi di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (12/3/2021).

Dikatakan Andi, angka 75 persen tersebut berdasarkan jumlah perekaman yang dilakukan dengan jumlah seluruh pendudukan di ibukota Provinsi Papua tersebut.

“Masyarakat agar melengkapi dokumen kependudukan agar memudahkan dalam pelayanan publik. Sisanya yang belum mengurus KTP karena masih usia dibawah 17 tahun,” ujar Andi.

Guna mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan atau GISA, dikatakan Andi, pihaknya gencar jemput bola atau melakukan sosialisasi dan edukasi karena e-KTP merupakan dokumen kependudukan penting.

“Misalnya membuat BPJS, paspor, SIM, urusan dengan perbankan, dan lain sebagainya. Jangan saat diperlukan baru datang mengurus atau hilang dan rusak mengurus e-KTP gratis,” ujar Andi.

Andi minta warga yang sudah berusia 17 tahun atau lebih agar mengurus atau melengkapi dokumen kependudukannyayaitu e-KTP sehingga memudahkan dalam pelayanan publik.

Loading...
;

Baca juga: Disdukcapil Kota Jayapura buat aplikasi nomor antrean online

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan warga yang mengurus e-KTP gratis atau tidak bayar.

“Kalau ada RT/RW, calo, lurah, kepala kampung, kepala distrik, kasubag pemerintahan yang minta uang (mengurus e-KTP) lapor saya,” ujar Tomi Mano.

Menurut Tomi Mano, e-KTP sangat penting untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik, pemerintahan, maupun mendapatkan bantuan.

“Kalau sudah mengurus e-KTP dijaga baik-baik, jangan dihilangkan atau dibikin rusak karena KTP ini sangat penting sebagai identitas diri,” ujar Tomi Mano. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top