Follow our news chanel

Previous
Next

Ada undangan yang mabuk dan protes saat proses pencoblosan Pilkada Yahukimo

Papua
Suasana simulasi Pilkada di Yahukimo dilakukan oleh aparat TNI dan Polri di Halaman Polres Yahukimo - Jubi/Piter Lokon 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo periode 2021-2026 diwarnai aksi protes dari dua orang masyarakat yang tidak menerima undangan untuk memberikan hak suara mereka.

Tak hanya mengamuk, dua orang ini ternyata sedang mabuk minuman keras, dan berusaha menghentikan proses pencoblosan.

Namun ternyata, aksi protes dan sejumlah kekacauan ini hanyalah simulasi yang dilaksanakan oleh KPU Yahukimo di Mapolres Yahukimo seusai apel gelar pasukan pengamanan Pilkada 2020.

Dalam simulasi pencoblosan ini, yang menjadi peserta undangan Pilkada adalah Kasat Intelkam Polres Yahukimo dan 4 orang anggotanya.

Pada simulasi kali itu, juga diterapkan protokol kesehatan, yakni disediakan tempat cuci tangan, dan dilakukan rapid test pada undangan yang hadir.

“Tadi kita sama-sama menyaksikan simulasi, itu bahwa kita selaku pengemban kewajiban pengamanan pada saat pilkada dan penyelenggara KPU dan Panwas agar memahami benar-benar situasi TPS itu demikian,” kata Kapolres Yahukimo, AKBP Deni Herdiana.

Menurut Kapolres, simulasi ini bertujuan sebagai langkah antisipatif jika terdapat tindakan yang tidak sesuai aturan dalam proses pencoblosan.

Loading...
;

“Jadi, di situ kita tegaskan kepada petugas TNI dan Polri, Linmas nanti SOPnya demikian. Ada yang mabuk cara tanganinya ya demikian, ada yang belum terima undangan demikian SOPnya. Jadi lebih ke teknis supaya anggota punya gambaran,” kata Kapolres Yahukimo.

Sementara itu, Komisioner Komisi pemilihan umum (KPU) Yahukimo, Benehas Bahabol yang turut hadir memberikan apresiasi kepada Polres Yahukimo dan Kodim 1715 Yahukimo yang telah melaksanakan apel dan simulasi pengamanan pilkada di Yahukimo.

“Saya dari penyelenggara (KPU) memberikan Apresiasi kepada Pak Kapolres dan Dandim. Karena ini satu hal yang harus kita lakukan namun karena kami banyak kegiatan ke sana ke sini, membuat hal ini tidak kita lakukan. Hal ini (Simulasi) kami KPU belum, tapi kami memberikan apresiasi kepada Kapolres dan juga Pak Dandim yang sudah melalukan ini, kami atas nama KPU sampaikan terima kasih,” kata Benehas Bahabol Komisioner KPU Yahukimo.

Menurut Behenas, KPU Yahukimo menyatakan siap mensukseskan pemilihan Bupati Yahukimo periode 2021-2026. Karena aparat akan membantu KPU selama Pilkada berlangsung. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top