Follow our news chanel

Previous
Next

Akses transportasi di Distrik Kaptel sangat sulit

papua-distrik-kaptel-transportasi
Speedboat yang berlabuh dan siap mengangkut penumpang menuju Distrik Kaptel – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Akses transportasi yang menghubungkan ibukota Distrik Kaptel dan kampung lain seperti Ihalik, Kaniskobat, Boepe, dan Kuemsit sangat sulit. Satu-satunya transportasi hanya dengan jalur air, sehingga kadang masyarakat kesulitan memasarkan hasil bumi mereka.

“Memang satu-satunya transportasi adalah jalur air. Ketika masyarakat bepergian ke kota atau kampung-kampung tetangga, harus menyewa speedboat,” ujar Kepala Distrik Kaptel, Agustinus Way, kepada Jubi di Kampung Kaptel, Distrik Kaptel, Kabupaten Merauke, Papua, pekan lalu.

Secara umum, lanjut dia, masyarakat dari beberapa kampung itu, hanya bisa mengandalkan daging untuk dijual agar mendapatkan uang sekaligus dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Itupun kalau ada tengkulak datang ke kampung untuk membeli. Jika tidak, mereka tak bisa menjual,” ujarnya.

Diharapkan ke depan, ada sentuhan baik dari pemerintah dengan memberikan dukungan dana agar masyarakat  bisa memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan hidup sehari hari.

Baca juga: Jembatan kayu rusak, masyarakat harus jalan di lumpur

Hal serupa disampaikan Simson Boyen, warga setempat.

Loading...
;

“Memang persoalan mendasar yang dialami masyarakat dari waktu ke waktu adalah sulitnya transportasi. Bagaimana mungkin kami bisa pasarkan hasil, sementara biaya sewa speedboat sangat mahal,” ujarnya.

Ditambahkan, dari tahun ke tahun, kehidupan masyarakat dari beberapa kampung di Distrik Kaptel seperti begini terus. Karena tak ada sentuhan baik dari pemerintah. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top