Follow our news chanel

Previous
Next

Aksi plester mulut 30 mahasiswa dan pelajar tuntut pembebasan tujuh tapol

Papua
Aksi puluhan pelajar dan mahasiswa yang membentangkan spanduk dan memplester mulut – Jubi/Frans L Kobun
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kurang lebih 30 mahasiswa, pemuda, dan masyarakat melakukan aksi turun jalan dengan mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Merauke mendesak tujuh tahanan politik (tapol) Papua yang saat ini sedang menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), agar dibebaskan dari segala bentuk hukuman.

Pantauan Jubi,  Rabu (17/6/2020), puluhan demonstran bergerak dari Mangga Dua, Kelurahan Kelapa Lima, Merauke, Papua dengan berjalan kaki sambil memplester mulut sebagai  aksi bungkam, juga membentangkan sejumlah spanduk. Mereka didampingi salah seorang rohaniawan Katolik, Pastor Pius Manu, Pr.

Koordinator Lapangan I, Natalis Kuyaka, didampingi Roni Rumboy (korlap II), mengatakan aksi solidaritas yang dilakukan ini, sekaligus meminta tujuh tapol Papua di Balikpapan segera dibebaskan. Karena menurut kajian mereka, ada hal yang mengganjal sehingga tak ada keadilan.

“Memang kami dari beberapa perwakilan diberikan kesempatan beraudiens bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Merauke, I Wayan Sumertayasa, sekaligus menyerahkan pernyataan sikap yang berisi sejumlah poin penting yang harus segera diteruskan ke Kejati Papua,” katanya.

http://Hasil sidang putusan 7 Tapol: Irwaus Uropmabin divonis 10 bulan penjara

http://Hasil sidang putusan 7 Tapol: Buchtar Tabuni divonis 11 bulan penjara

Sejumlah poin yang disuarakan itu yakni pembebasan tujuh tahanan politik, jangan lagi adanya diskriminasi dan pembungkaman terhadap aktivis maupun mahasiswa Papua, keadilan harus berpihak, perlunya pemerintah melakukan kajian dan jika

Loading...
;

tujuh tapol tak bersalah dibebaskan serta hukum Indonesia tidak rasis terhadap orang asli Papua (OAP).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Merauke, I Wayan Sumertayasa, dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih karena mahasiswa dan pemuda mendatangi kantor kejaksaan dengan baik sekaligus dilakukan audiens.

“Apa yang menjadi tuntutan akan segera diteruskan ke Kejati Papua hingga Balikpapan, Kalimantan Timur. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top