DLHK Kota Jayapura anggarkan Rp600 juta untuk armada pengangkut sampah

Armada pengangkut sampah Kota Jayapura Papua
Armada pengangkut sampah milik Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Jayapura - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Provinsi Papua mengalokasikan anggaran sebesar Rp600 juta. Dana ini digunakan untuk penambahan armada pengangkut sampah.

“Kami butuh enam ambrol dan dump truck. Dengan penambahan armada ini maka pengelolaan terutama mengangkut sampah jadi lebih optimal,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Alex Deu, di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (24/2/2021).

Dikatakan Deu, jumlah armada yang saat ini tersedia di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura sebanyak 57 baik ambrol dan dump truck.

“Penambahan armada ini untuk pengangkutan termaksud penambahan armda di TPA. Armada yang optimal sehingga pelayanan penagkutan sampah bisa optimal,” ujar Deu.

Deu menambahkan jika sampah sudah terpilah maka Papua khususnya di Kota Jayapura bisa bersih.

“Mari kita sama-sama bertanggung-jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Deu.

Baca juga: Pemkot Jayapura akui pengendalian kebersihan belum optimal

Loading...
;

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan setiap harinya produksi sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir sebanyak 185 ton atau 60 dump truck.

“Mengelola sampah bernilai ekonomi sehingga sampah bermanfaat, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Pemerintah harus aktif memberikan sosialisasi dan edukasi agar mulai memilah sampahnya dari rumah agar mengurangi sampah yang di buang ke TPA,” ujar Rustan.

Rustan menambahkan dengan penamabahan armada pengangkut sampah dapat memaksimalkan pelayanan persampahan di Kota Jayapura sehingga kota tidak kotor akibat sampah yang berserakan di jalan hingga lingkungan warga. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top