Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Anyam janur untuk tambah penghasilan

papua-blandina-swabra-anyam-janur
Seorang warga saat memperlihatkan ketupat yang baru selesai dikerjakannya - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Belajar dari melihat orang lain menganyam daun kelapa muda (janur) untuk dijadikan ketupat membuat Blandina Swabra menangkap peluang ekonomi guna menambah penghasilannya.

Perempuan 42 tahun asal Kabupaten Serui-Papua, yang sehari-harinya berjulan parutan labu siam dan pepaya ini, awalnya kesusahan mengaplikasikan janur untuk menjadi ketupat.

“Awalnya seperti anak baru belajar jalan, hampir satu bulan saya buat satu ketupat. Sekarang ini dalam sehari saya bisa buat 50 ketupat,” ujar Swabra saat ditemui Jubi sambil menganyam janur di Pasar Hamadi, Kota Jayapura-Papua, Kamis (3/7/2020).

Anyam janur untuk tambah penghasilan 1 i Papua

Dikatakan Swabra, setiap momen hari-hari besar keagamaan seperti Hari Raya Natal, Idulfitri, dan Iduladha selalu menganyam janur menjadi longsongan (bungkus) ketupat untuk dijual.

“Sudah lima tahun. Satu janur saya beli Rp10 ribu (isi 15 lembar) saya jualnya satu ikat Rp10 ribu (isi 10 ketupat). Lumayan, saya bisa dapat uang untuk tambah-tambah penghasilan saya. Satu hari saya bisa laku 10 ikat,” ujar Swabra.

Menurut Swabra, segala sesuatu yang dilihat selama itu untuk kebaikan maka harus dipraktikkan sehingga membantu dalam perekonomian.

“Masa orang lain bisa, kami tidak bisa. Harus belajar dan jangan malu selama itu baik. Belajar sabar, bijaksana, dan banyak berdoa kepada Tuhan,” ujar Swabra.

Loading...
;

Baca: H-1 Iduladha, Pasar Hamadi lengang

Di tempat yang sama, Weli Sarawa, hanya bisa melihat temannya menganyam janur.

“Saya belum bisa buat (longsong) ketupat, makanya ini saya perhatikan supaya saya tahu karena bisa menambah penghasilan. Apalagi saat momen lebaran pasti banyak yang cari. Saya berharap bisa buat juga,” ujarnya sambil tersenyum. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top