Follow our news chanel

Previous
Next

Asrama mahasiswa Distrik Kembu di kota studi Jayapura terbakar

Kebakaran Papua
Sejumlah barang yang rusak saat kebakaran terjadi di asrama yang dihuni para mahasiswa dari Distrik Kembu, Kabupaten Tolikara, yang berada di Padang Bulan, Kota Jayapura pada Rabu (2/9/2020). - IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Asrama yang dihuni para mahasiswa dari Distrik Kembu, Kabupaten Tolikara, Papua di Padang Bulan, Kota Jayapura terbakar pada Rabu (2/9/2020). Kebakaran itu sempat menghanguskan tiga ruangan di asrama yang memiliki 17 ruangan itu. Tidak ada korban dalam peristiwa itu, dan pada Rabu siang api telah berhasil dipadamkan warga.

Ketua Asrama mahasiswa Distrik Kembu di Kota Jayapura, Karfin Penggu mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.15 WP. Kebakaran itu diduga bersumber dari ruang Sekretariat Badan Pengurus Ikatan Pelajaran Pemuda Mahasiswa Kembu. Api lalu merembut ke dua ruangan lain yang merupakan ruang tidur penghuni asrama.

“Saat terjadi kebakaran, [kebanyakan] penghuni asrama berada di luar asrama kampus.  Kebakaran terjadi secara tiba-tiba, mungkin karena hubungan pendek arus listrik,” kata Karfin saat dihubungi Jubi pada Rabu.

Salah satu penghuni asrama yang sedang tiduran di kamar terkejut karena lorong asrama penuh asap yang berasal dari bagian depan asrama yang dihuni 33 mahasiswa itu. Saat itu, Sekretariat Badan Pengurus Ikatan Pelajaran Pemuda Mahasiswa Kembu telah terbakar.

Penghuni asrama itu panik, dan lari keluar, meminta pertolongan dari para tetangga asrama. “Setelah keluar asrama, dia berusaha teman-teman penghuni asrama lainnya. Ia juga meminta warga untuk memadamkan api agar [tidak merembet] dan menyebar. Api akhirnya berhasil dipadamkan,” kata Karfin.

Baca juga: Kebakaran lahan nyaris hanguskan permukiman warga

Sejumlah barang inventaris Sekretariat Badan Pengurus Ikatan Pelajaran Pemuda Mahasiswa Kembu hangus terbakar, termasuk perlengkapan organisasi. Kebakaran itu juga merusak barang milik penghuni asrama. “Barang-barang yang terbakar adalah berupa laptop, telepon genggam, pakaian-pakaian dan perlengkapan organisasi,” kata Karfin.

Loading...
;

Menurut Karfin para mahasiwa sempat bertahan di luar asrama, memastikan api telah benar-benar padam. “Kami akan masuk dan membersihkan sisa-sisa kebakaran di asrama kami,” katanya.

Ketua Asrama Mahasiwa Kabupaten Tolikara yang berlokasi di Yoka, Yomiron Penggu mengatakan pihaknya meminta pemerintah daerah di Papua memberikan bantuan kepada para penghuni Asrama mahasiswa Distrik Kembu di Kota Jayapura itu. Yomiron berharap tiga ruangan yang terbakar dapat segera diperbaiki.

“Kami meminta kepada pemerintah untuk perbaiki asrama itu. [Perbaikan harus segera dilakukan] agar teman-teman hahasiswa bisa tenang dan belajar seperti biasanya,” katanya.(*)

Ralat: Berita ini mengalami perbaikan penulisan nama narasumber. Dalam pemberitaan awal, tertulis “Ketua Asrama Mahasiwa Kabupaten Tolikara yang berlokasi di Yoka, Yorim Penggu”, dan diperbaiki menjadi “Ketua Asrama Mahasiwa Kabupaten Tolikara yang berlokasi di Yoka, Yomiron Penggu”. Kami memohon maaf atas kesalahan tersebut. 

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top