Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Atlet disabilitas Papua TC Peparnas manfaatkan fasilitas Uncen

papua-papernas-TC-Mahacandra-Uncen
Para atlet atletik dan sepakbola Cerebral Palsy (CP) menjalani latihan di Stadion Mahacandra Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua – Jubi/Humas NPC Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Atlet disabilitas Papua intens mempersiapkan diri menuju Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020.

Menggapai prestasi terbaik atlet cabang olahraga atletik dan sepakbola Cerebral Palsy (CP) atau lumpuh otak disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal, resmi menggunakan fasilitas lapangan Mahachandra milik Universitas Cenderawasih (Uncen) di Kota Jayapura-Papua untuk menjalani pemusatan latihan atau training center (TC).

“Lapangan ini sudah diserahkan oleh PUPR kepada Uncen sehingga Rektor (Uncen) memberikan (kesempatan) kepada Fakultas Ilmu Keolahragaan [FIK] untuk mengelolanya dalam rangka persiapan PON dan Peparnas yang digunakan oleh NPC Papua. Tentu dalam mensukseskan PON dan Peparnas itu bagian dari semua, ini adalah TC menghadapi Peparnas,” jelas Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Saharuddin Ita, kepada pers, Senin (27/7/2020).

Atlet disabilitas Papua TC Peparnas manfaatkan fasilitas Uncen 1 i Papua

Saharuddin Ita mengatakan pemanfaatan lapangan Mahacandra Uncen merupakan bentuk dukungan dalam menjadikan Provinsi Papua sukses prestasi baik di PON dan Peparnas. Apalagi NPC sudah berdiri sendiri untuk mempersiapkan atlet Papua di bidang olahraga.

“Kalau Peparnas didahulukan, saya setuju karena kalau eforia itu tidaklah berarti kalau tidak ada penonton. Jangan Peparnas ini di belakang PON, tapi sekali-kali didahulukan untuk bisa mengangkat saudara kita difabel untuk disejajarkan,” katanya.

“Kalau pun toh tidak sejajar, tentu kita harus menempatkan mereka, seperti mengangkat harkat martabat mereka,” ujarnya.

Baca juga: Arena akuatik PON Papua jadi kolam renang ketiga di Indonesia yang dapat pengakuan dunia

Loading...
;

Ketua NPC Papua, Jaya Kusuma, berharap setelah mendapat restu dari pihak Uncen untuk menggunakan fasilitas dari lapangan Mahacandra, para atlet cabor atletik dan sepakbola cerebral palsy bisa menunjukkan prestasi gemilang, bahkan bisa memecahkan rekor yang akan tercatat di stadion bertaraf internasional ini setelah direnovasi.

“Kami berterima kasih kepada pihak Uncen yang telah mengizinkan kami untuk berlatih di lapangan Mahachandra Uncen. Lapangan ini sangat megah dan berstandar internasional. Setelah mereka berlatih sungguh-sungguh akan ada atlet berprestasi yang lahir dari sini, dan akan ada pemecahan rekor yang dicatatkan oleh atlet NPC Papua di kancah nasional maupun internasional nantinya,” ujarnya.

Jaya Kusuma yang juga menjabat Kadistrik Jayapura Selatan berharap semua atlet bisa menjaga stadion ini sebaik mungkin dari kebersihan dan keamanannya, sehingga proses training center (TC) atau pemusatan latihan terpusat bisa berjalan maksimal.

“Semoga atlet kita bisa berprestasi di sini [stadion Mahacandra], sehingga Papua yang diunggulkan harus bisa lebih baik lagi prestasinya, karena di Jawa Barat kemarin itu kita urutan kelima,” katanya.

Kita harus bisa menembus posisi tiga besar nantinya. Kalau Tuhan mengizinkan kita juara umum kenapa tidak. Kita akan berusaha,” kata Jaya Kusuma menyakini.

Pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 diikuti sekitar 200 atlet disabilitas se-Indonesia, mempertandingkan 12 cabang olahraga, yakni tenis meja kursi roda, catur, renang, atletik, sepakbola CP, judo, menembak, panahan, bulu tangkis, boccia, angkat berat, dan tenis meja. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top