Banjir rob di Distrik Waan, pemerintah siapkan sembako dan tenaga medis

papua-banjir-rob-distrik-waan
Banjir rob di Distrik Waan yang mengakibatkan perumahan masyarakat dari lima kampung terendam – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke, Provinsi Papua segera menyiapkan bantuan sembako maupun tenaga medis untuk masyarakat di lima kampung di Distrik Waan yang mengalami musibah akibat banjir rob, beberapa waktu lalu.

“Memang selain banjir yang merendam perumahan warga, juga hasil alam masyarakat berupa umbi-umbian ikut terendam dan dipastikan akan rusak dan tak dapat dipanen,” ungkap Wakil Bupati Merauke, Sularso kepada sejumlah wartawan di Merauke, Senin (28/12/2020).

Olehnya, lanjut dia, pemerintah segera mengambil langkah cepat dengan mengirim bantuan, agar masyarakat tidak mengalami kelaparan. Selain itu meminta tenaga medis di sana agar melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga  dari lima kampung untuk mengantisipasi munculnya penyakit.

Dia juga meminta agar Kepala Distrik Waan melakukan komunikasi dengan kepala kampung serta tokoh adat dari lima kampung agar dibicarakan sekaligus dicarikan solusi terbaik  agar warga setempat dapat direlokasi ke darat sehingga perumahan tak terendam setiap tahun.

“Kita tahu bersama kalau setiap tahun bencana banjir rob di kampung-kampung di Distrik Waan sering terjadi. Olehnya perlu ada pembicaraan baik agar mereka bisa digeser ke darat,” pintanya.

Baca juga: Lima kampung di Distrik Waan terkena banjir rob

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Dominikus Ulukyanan, mengakui kalau dengan banjir rob yang dialami masyarakat di sejumlah kampung di Waan, mengakibatkan rumah terendam dan juga tanaman tak dapat dipanen.

Loading...
;

“Memang ini persoalan serius dan mestinya harus segera direspons dengan cepat oleh pemerintah setempat. Karena saat ini masyarakat sedang tak memiliki cadangan makanan,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top