Follow our news chanel

Papua Barat dapat WTP, Mandacan: Ini jadi acuan pembangunan

Papua
Rapat penyerahan LHP BPK terhadap LKPD Papua Barat TA.2019. Papua Barat kembali raih opini WTP. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Papua Barat memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 pada Pemerintah Provinsi setempat.

Anggota VI BPK RI Harry Azhar Azis mengatakan, penyusunan Laporan Keuangan Pemprov Papua Barat tahun 2019 telah memenuhi sejumlah kriteria penilaian, karena telah sesuai dengan SOP berbasis akrual, patuh pada peraturan perundang-undangan, serta pelaksanaan program dan kegiatan pelaporan keuangan pun telah didukung dengan Sistem Pengendalian Internal yang efektif.

“Oleh karena itu, BPK RI menyimpulkan bahwa opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat Tahun Anggaran 2019, adalah Wajar Tanpa Pengecualian,” ujar Harry dalam Rapat Paripurna Istimewa yang digelar secara virtual, Senin (29/6/2020).

Dikatakan Harry,  opini WTP yang diraih Pemprov Papua Barat, merupakan pencapaian ke-enam kalinya, yang diperoleh secara berturut-turut.

“Hal ini tentunya dikarenakan sinergi yang baik antara pimpinan dan pemangku kepentingan termasuk dengan BPK RI,” kata  Harry.

Harry juga mengakui,  bahwa ditengah capaian opini WTP, BPK RI masih menemukan beberapa permasalahan, terkait pengelolaan keuangan daerah.

“Masih ada persoalan pengelolaan keuangan yang belum tertib seperti penatausahaan dan penertiban aset, pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tingkat SMA/SMK, serta Perencanaan dan pengendalian paket pekerjaan konstruksi pun belum tertib di Papua Barat,” kata Herry.

Loading...
;

Sementara, Gubernur Dominggus Mandacan, mengatakan, laporan hasil pemeriksaan BPK RI akan dijadikan petunjuk bagi Pemprov Papua Barat, untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan.

“Kami berharap dengan semakin baiknya pengelolaan keuangan, akan berpengaruh pula terhadap peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top