HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Papua Barat kekurangan Penyidik Pegawai Negeri Sipil

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. – Jubi/Hans Arnold Kapisa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Rabu โ€“ Pemerintah Provinsi Papua Barat masih kekurangan tenaga Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau PPNS yang dibutuhkan untuk memperkuat kinerja Inspektorat. Masalah itu disampaikan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan di Manokwari, Rabu (15/1/2020).

Menurut Gubernur Dominggus Mandacan, berbagai kegiatan pembangunan oleh pemerintah daerah membutuhkan pengawasan. Pengawasan itu antara lain dibutuhkan dalam hal pengadaan barang dan jasa, maupun pemberian hibah dan bantuan sosial.

“Pengawasan dibutuhkan agar seluruh program itu terlaksana, tepat sasaran. [Pengawasan juga dibutuhkan untuk memastikan program itu] tidak bermasalah dari sisi administrasi, pelaksanaan, hingga pelaporanya,” kata Mandacan.

Mandacan ingin inspektorat berperan maksimal dalam melakukan pengawasan. Akan tetapi, ia menyadari jumlah tenaga PPNS di inspektorat masih kurang. Selain kekurangan sumber daya manusia, Mandacan menyatakan Papua Barat memiliki daerah yang sulit dijangkau.

“Kegiatan pemerintah itu bukan hanya di kantor dinas. Ada [kegiatan] di kampung, kepulauan, hingga pedalaman. Kalau tidak dikontrol, kita [kesulitan untuk] tahu program tadi terlaksana secara secara baik atau tidak,” ujar Mandacan.

Menurutnya, sejumlah wilayah tertentu juga harus dijangkau dengan kendaraan khusus. “Di Jawa, pemerintah bisa memanfaatkan [kendaraan] roda empat bisa sampai ke lokasi. Di Papua Barat, [kendaraan] roda empat tidak cukup. Ada daerah yang harus ditempuh dengan perahu bahkan harus dengan jalan kaki. Ada juga yang [hanya dapat dijangkau dengan] pesawat,” katanya.

Loading...
;

Mandacan menyatakan pembukaan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Papua Barat tahun 2018 telah diprioritaskan untuk mengangkat pegawai honorer. Ia berharap pembukaan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Papua Barat periode berikutnya akan dapat mengatasi kekurangan PPNS itu.(*)

Baca juga  Satu PDP Kota Sorong meninggal dunia

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa