Follow our news chanel

Previous
Next

Bawaslu Yahukimo: Jangan sebar hoaks Pilkada

Papua
Kapolres Yahukimo, Dandim 1715 Yahukimo, Ketua Bawaslu Yahukimo, Komisioner KPU Yahukimo dan Satpol PP Yahukimo saat berada di Polres Yahukimo-Jubi/Piter Lokon 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Yahukimo, Papua, menegaskan, tidak boleh ada kandidat serta tim pemenangan Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo yang menciptakan isu hoaks (informasi bohong) dan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) dalam pertarungan politik pemilihan kepala daerah.

Sebagai pengawas Pemilu di Yahukimo, Bawaslu akan selalu menjadi garda terdepan untuk memantau dan mengawasi setiap tahapan Pilkada.

“Kita sekarang sudah mulai masuk dalam tahap kampanye. Untuk itu kami sampaikan kepada masyarakat, mari kita jaga kandidat. Karena kedua kandidat adalah anak-anak daerah, untuk itu pertama adalah takut Tuhan dan jangan sebarkan hoaks serta SARA. Kedua mari kita memberikan edukasi Politik kepada masyarakat untuk membangun daerah Yahukimo yang kita cintai,” kata Ketua Bawaslu Yahukimo, Sepius Mirin kepada Jubi, Senin (5/10/2020) di Dekai.

Mirin juga menyatakan, pihaknya selalu siap menerima laporan dari masyarakat terkait dugaan pelanggaran Pemilu.

“Kita selalu ada di sini. Jika ada laporan jangan bawa ke Jayapura atau di Provinsi. Kami ada di sini siap menerima pengaduan atau apa pun yang masyarakat mau sampaikan,” kata Ketua Bawaslu Yahukimo yang menerima penghargaan Bawaslu Teladan seluruh Kabupaten di Indonesia tahun 2019.

Mirin pun dengan tegas mengatakan, jangan sampai ada tim sukses baik dari Paslon Didimus Yahuli – Esau Miram dan Paslon Abock Busup – Yulianus Heluka yang salong sindir, menjatuhkan, apalagi kampanye hitam khususnya di sosial media.

Menurutnya hal ini bisa berdampak buruk dan bisa menimbulkan konflik horisontal.
Selain itu, Ia juga berharap agar ASN, TNI dan Polri agar menjaga netralitas selama Pilkada berlangsung.

Loading...
;

“Kepada kedua tim sukses jangan bangun hoaks. Kepada ASN, kemudian TNI, Polri dan penyelenggara mari kita menjaga netralitas. Kami sebagai penyelenggara bahkan juga pengawas pemilu kami harus bekerja secara independen, profesional dan demi kepentingan kita Yahukimo,” terang Mirin.

Sementara, Kapolres Yahukimo, AKBP Deni Herdiansia mengatakan, pengamanan Kamtibmas jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Yahukimo menjadi prioritas utama.

“Secara umum tugas kepolisian, ciptakan situasi yang kondusif. Aman, terkendali, yang tertib untuk kita semua. Apalagi kita di Yahukimo akan adakan Pilkada, yang  keduanya  adalah putera asli daerah Yahukimo. Harapan saya kepada pendukung silakan apresiasikan hak politinya dengan bijaksana, arif dan bermartabat,” kata Kapolres Yahukimo

Deni juga mengingatkan,  tidak boleh ada ujaran kebencian selama Pilkada, karena hal itu bisa menimbulkan konflik berkepanjangan.

“Sebagai Kapolres Yahukimo, saya terus melakukan komunikasi yang baik dengan seluruh stakeholder. Tokoh Masyarakat, Tokoh Gereja, Kepala suku yang benar-benar menanungi masyarakat pada masa-masa politik ini,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top