Follow our news chanel

Belajar tatap muka tingkat SMP, tunggu kesepakatan

papua-rustan-saru
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, saat diwawancara - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura-Papua, Rustan Saru, mengatakan belajar tatap muka tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan diberlakukan saat new normal masih menunggu kesepakatan.

Kesepakatan tersebut berdasarkan rapat bersama antara Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP se-Kota Jayapura, Gugus Tugas Kota Jayapura, komite sekolah, orangtua, pemerhati pendidikan, dan Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Papua.

“Kalau semua sudah setuju dan memberikan rekomendasi boleh dibuka sekolah tatap muka, saya kira tidak ada masalah, sekolah tatap muka bisa dimulai. Tapi masih menunggu kepastian dari hasil rapat yang dilaksanakan MKKS SMP,” ujar Rustan saat ditemui di Kantor Wali Kota Jayapura-Papua, Jumat (4/9/2020).

Namun, lanjut Rustan, jika ada kesepakatan sekolah tatap muka bisa dimulai, dengan catatan harus mengecek kesiapan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga benar-benar disiplin dan tertata dengan baik, seperti tersedianya tempat cuci tangan, thermo gun untuk mengukur suhu peserta didik dan guru, serta alat penyemprot disinfektan.

“Kalau bisa pertengahan September sudah bisa dilakukan pembelajaran tatap muka di sekolah sehingga peserta didik bisa aktif juga belajar dan berinteraksi dengan guru dan teman-teman. Datang ke sekolah langsung masuk belajar, begitu selesai langsung pulang sehingga tidak menunggu lagi di sekolah,” ujar Rustan.

Baca juga: New normal di Kota Jayapura, Kadinkes: Sebaiknya belum belajar tatap muka

Rustan berharap kepada semua kepala sekolah tingkat SMP untuk menyampaikan kesiapan sekolah terkait sarana dan prasarana yang ada di sekolah sehingga penerapan belajar tatap muka tidak menimbulkan masalah, seperti kekhawatiran terjadi penularan korona fase kedua di sekolah.

Loading...
;

“Semua ini dilakukan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan peserta didik dan guru. Mari kita melawan virus korona dengan memakai masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan. Semoga belajar tatap muka ini aman dan terkendali. Kalau sampai menimbulkan persoalan baru maka tidak menutup kemungkinan belajar tatap muka akan dihentikan kembali,” ujar Rustan.

Sebelumnya, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga, mengaku sekolah yang dipimpinnya siap menerapkan protokol kesehatan dalam pembelajaran tatap muka.

“Kalau untuk SMP Negeri 1 Jayapura, saat ini, terkait dengan pencegahan Covid-19, 80 persen sudah siap. Fasilitas untuk mendukung pembelajaran daring juga kami siapkan,” ujar Sinaga. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top