Follow our news chanel

Previous
Next

Berkas dinyatakan lengkap, balon pasangan HEBO dan SMART lanjut periksa kesehatan

papua-ketua-kpud-manokwari
Ketua KPUD Manokwari, Abdul Muin Selewe - Jubi/Hans Arnold Kapisa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Dua bakal calon (balon) pasangan Bupati dan Wakil Bupati Manokwari, Hermus Indou-Edi Budoyo (HEBO) dan Sius Dowansiba-Mozes Rudi F.Timisela (SMART), mengunci pintu pendaftaran di KPUD Manokwari pada 6 September 2020, pukul 24.00 Waktu Papua.

Ketua KPUD Manokwari, Abdul Muin Selewe, mengatakan hingga batas waktu pendaftaran, KPUD Manokwari telah menerima berkas pendaftaran dari dua balon pasangan HEBO dan SMART. Berkas dua balon pasangan ini dinyatakan lengkap.

“Sebenarnya ada tiga paslon yang mendaftar, yaitu paslon HEBO, SMART, dan BW (Boneftar-Waluyo). Berkas BW kami kembalikan untuk dilengkapi.  Namun hingga pukul 24.00 Waktu Papua tidak ada informasi lebih lanjut, sehingga tahap pendaftaran kami tutup,” kata Muin, Senin (7/9/2020).

Untuk tahapan selanjutnya, dua balon pasangan yang berkasnya diterima langsung menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Hari ini dua paslon [HEBO dan SMART] jalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Manokwari,” katanya.

Baca juga: Berkas pendaftaran 19 balon kepala daerah di Papua Barat dinyatakan lengkap

Sementara, Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya, mengatakan tahapan pemeriksaan kesehatan untuk paslon yang telah mendaftar dibagi dalam dua kelompok, yaitu Sorong Raya dan Manokwari Raya.

Loading...
;

“Sorong Raya meliputi Kaimana, Fakfak, Sorsel, dan Raja Ampat di Rumah Sakit J.P Wanane. Manokwari Raya meliputi Manokwari, Teluk Wondama, Pegaf, dan Mansel di RS TNI AL Manokwari. Sementara dua paslon Teluk Bintuni akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Teluk Bintuni,” katanya.

Paskalis juga menginformasikan bahwa tahapan pemeriksaan paslon di tiga daerah yang diperpanjang waktu pendaftarannya yakni Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan Raja Ampat, akan dilakukan setelah berakhirnya perpanjangan waktu pendaftaran.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 akan digelar secara serentak untuk daerah-daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada tahun 2021. Sistem pemilihan kepala daerah secara serentak pada tahun 2020 merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan di Indonesia.

Pelaksanaan pemungutan suara direncanakan digelar serentak pada bulan Desember 2020. Total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 sebanyak 270 daerah, dengan rincian sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Di Provinsi Papua Barat ada 9 daerah, yakni Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Teluk Wintuni, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Teluk Wondama. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top