Follow our news chanel

Previous
Next

BPJS Ketenagakerjaan tanggung biaya atlet cedera dan meninggal

papua-bpjs-ketenagakerjaa-atlet
Pemberian santunan Rp42 juta kepada istri asisten pelatih binaraga Papua, Kristian Marwuru, Yeti Yunita Talutu, oleh BPJS Ketenagakerjaan di Jayapura, Kamis (3/9/2020) – Jubi/Timo Marten

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menanggung semua biaya atau santunan bagi atlet-atlet Papua yang mengalami kecelakaan, cedera, bahkan meninggal saat latihan dan bertanding.

Untuk sektor olahraga, sejauh ini BPJS Ketenagakerjaan mengcover risiko kecelakaan kerja ada di Provinsi Bali dengan total biaya Rp3,6 miliar dan dicover BP Jamsostek dengan iuran yang minim. Jika terjadi risiko kecelakaan kerja sampai meninggal dunia, maka BPJS Ketenagakerjaan wajib membayarkan santunan kepada ahli waris itu sebesar 48 kali upah/penghasilan yang dilaporkan ke BPJS Jamsostek.

Hal itu dikatakan Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Jayapura-Papua, Nasrullah Umar, kepada wartawan di Kota Jayapura, usai memberikan santunan Rp45 juta kepada Istri asisten pelatih binaraga Papua, Kristian Warwuru, Yeti Yunita Talutu, Kamis (3/9/2020).

“Sejauh ini untuk KONI kalau kita perkalikan dengan upah yang dilaporkan kurang lebih totalnya hampir 300 juta kalau terjadi risiko meninggal dunia karena latihan misalnya atau pada saat berlomba,” katanya.

Ia melanjutkan, pihaknya juga mengcover risiko jaminan kematian yang timbul apabila tidak ada hubungannya dengan aktivitas atau pekerjaannya, seperti yang terjadi awalnya sakit kemudian meninggal, maka jumlah santunan yang diberikan sebesar Rp42 juta.

“Itulah manfaat-manfaat yang diperoleh BP Jamsostek, sehingga KONI sendiri tidak perlu memikirkan lagi kalau terjadi risiko misalnya atlet cedera, atlet patah, itu biaya-biayanya semua dicover BP Jamsostek,” katanya.

Baca juga: Kepesertaan BPJS di Papua rendah karena banyak warga belum punya e-KTP

Loading...
;

Menurut dia, BPJS Ketenagakerjaan sudah melakukan kerja sama dengan rumah sakit seluruh Papua, khususnya di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Mimika, Biak, Merauke, dan Kabupaten Jayawijaya.

“Jadi tidak perlu dibayar lagi. Cukup (atlet) menyampaikan bahwa kami adalah peserta BP Jamsostek, maka itu dicover 100 persen tanpa batas. Saya kira itu manfaat yang diberikan oleh KONI kepada atlet-atlet, ofisial dan pelatih,” katanya.

Istri asisten pelatih binaraga Papua, Kristian Warwuru, Yeti Yunita Talutu, usai menerima santunan sebesar Rp42 juta dari BPJS Ketenagakerjaan mengucapkan terima kasih atas kepedulian kepada pihaknya.

Dia juga berharap agar keluarga yang ditinggalkan almarhum diberi kekuatan dan ketabahan.

Sedangkan Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, memberikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan, yang sudah membangun kemitraan dan saling mendukung dalam menyukseskan PON 2020. Dia juga mengharapkan agar kerja sama KONI dan BPJS Ketenagakerjaan terus terjalin.

“Mudah-mudahan hubungan kerja sama semakin panjang. Mudah-mudahan dari keluarga jangan melihat besaran yang diberikan, tetapi merupakan bagian dari kepedulian KONI dan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah dibangun dan menjalin kerja sama dalam memproteksi hak-hak yang mereka dapatkan, atlet dan pelatih, mudah-mudahan ini bermanfaat,” kata Kogoya.

Dia mengaku bahwa KONI tidak mampu mengurus keluhan atau kebutuhan atlet-atlet yang cedera, tetapi dapat dicover 100 persen tanpa batas oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Harapan saya kemitraan ini terus terjalin untuk menjawab yang kami tidak mampu, yang kami tidak dapat menjangkau untuk semua atlet, pelatih, dan official,” katanya.

Disinggung terkait atlet-atlet PON Papua yang rawan cedera atau kecelakaan, ia mengatakan bahwa  BPJS bisa menanggulanginya.

“Jumlah atlet dan official kita kan cukup banyak 1.200 dan itu jumlah yang cukup luar biasa, kita harapkan tidak menjadi masalah di kemudian hari, mudah-mudahan BPJS bisa menjawab kebutuhan.,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top