Bulog Merauke akan serap 30 ribu ton beras petani

Papua-Bupati Merauke bertemu aliansi petani
Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, melakukan pertemuan bersama aliansi petani serta Kabulog Sub Divre Merauke – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Tahun 2021, Badan Urusan Logistik (Kabulog) Sub Divisi Regional Merauke penyerapan beras petani sebayak 30 ribu ton dengan harga dasar Rp8.300 per kilogram.

Hal tersebut disampaikan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, kepada Jubi, usai melakukan dialog dengan sejumlah aliansi petani serta Kepala Badan Urusan Logistik (Kabulog) Sub Divisi Regional Merauke, Kamis (11/3/2021).

Dikatakan, dari laporan Kabulog Merauke bahwa tahun ini akan dilakukan penyerapan beras petani sebanyak 30 ribu ton dengan harga dasar Rp8.300 per kilogram.

“Saya sudah meminta kepada Kabulog Merauke agar melakukan komunikasi dengan pimpinann di Jayapura dan Jakarta agar syarat patahan beras maupun kadar air agar diturunkan,” ungkap Bupati Mbaraka.

Untuk diketahui, selama ini Bulog Merauke membeli beras petani dengan syarat kadar air 14 persen, broken 20 persen, serta menir 2 persen.

Lebih lanjut, Bupati Mbaraka menegaskan jika beberapa syarat itu tak direspons, pihaknya akan mengambil kebijakan dengan tak mengizinkan Bulog Merauke menerima beras dari luar lagi.

“Ya, saya ingin buat sensasi nasional sekaligus, agar semua orang tahu,” tegasnya.

Loading...
;

“Saya masih menunggu laporan Kabulog Merauke lebih lanjut, sehubungan dengan beberapa persyaratan yang saya minta itu. Bagaimanapun juga harus direspons agar petani Merauke tak merasa terbebani,” ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya telah mennugaskan dua staf yakni Christian Palkai Ndiken serta Fransiskus Ciwe untuk ke Jayapura. Sekaligus mengawal peraturan gubernur yang akan dikeluarkan Gubernur Papua, Lukas Enembe. Sehingga semua kabupaten/kota di Papua dapat menerima beras Merauke untuk disuplai ke aparatur sipil negara (ASN).

“Saya juga akan bicara dengan Danlanud Merauke agar pesawat Hercules bisa dimanfaatkan untuk mengangkut beras ke sejumlah kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua,” katanya.

“Pak Gubernur Papua juga minta agar Timika menjadi salah satu outlet untuk pennyaluran beras ke kabupaten sekitar,” ungkapnya.

Baca juga: Kemensos minta Pemkab Merauke kirim beras ke Lembata

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke, Ruslan Ramli, mengakui juga adanya pertemuan bersama aliansi petani serta Bulog.

“Ada beberapa hal disampaikan Pak Bupati Merauke, sehubungan dengan pembelia besar petani,” ungkapnya.

Tentunya, jelas Penjabat Sekda Merauke, beberapa item tersebut, pasti ditindaklanjuti dalam waktu dekat. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top