Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Bupati Jayapura keluhkan kesadaran masyarakat menurun menggunakan masker

Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw (berdiri) saat berdiskusi dengan sejumlah masyarakat lokal di Sentani Timur. Jubi / Engel Wally

| Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, sejak adanya kelonggaran waktu aktifitas yang diberlakukan oleh Pemerintah Daerah hingga pukul 17.00 ( jam 05.00 sore), kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai yang sudah dianjurkan oleh pemerintah, salah satunya menggunakan masker, ternyata tidak berjalan maksimal.

Seharusnya kata dia, dengan diberlakukannya perpanjangan waktu aktivitas masyarakat hingga sore, protokol kesehatan dilaksanakan semaksimal mungkin.

Bupati Jayapura keluhkan kesadaran masyarakat menurun menggunakan masker 1 i Papua

“Bisa diperhatikan pada ruas jalan umum dan tempat-tempat keramaian, tidak semuanya menggunakan masker sekitar 10 sampai 15 persen saja yang menggunakan,” ujar Bupati Awoitauw di Sentani. Selasa (16/6/2020).

Dikatakan, jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Jayapura setiap hari ada peningkatan yang cukup signifikan.

Kondisi ini seharusnya menjadi tolak ukur bagi kesadaran masyarakat untuk lebih disiplin dalam mengikuti aturan yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah, secara khusus protokol kesehatan.

Untuk itu, kata Bupati, pihaknya akan lebih memperketat pembatasan aktifitas masyarakat di pusat-pusat perbelanjaan, pasar, mall, hotel, restoran,toko dan kios agar pemiliknya lebih disiplin dalam menerima pengunjung yang berkunjung ke tempatnya.

Loading...
;

“Kami minta pengelola usaha benar-benar disiplin terhadap pengunjung. Kalau ada pengunjung yang tidak pakai masker, pemilik usaha harus tegas untuk tidak melayani sebelum yang bersangkutan menggunakan masker,” tegasnya.

Bupati juga mengatakan, untuk menyikapi pandemi covid 19 dibutuhkan kerjasama dan komitmen semua pihak. Tidak saja datang dari Pemerintah Daerah tetapi juga masyarakat pada umumnya.

“Saya minta dunia usaha yang ada di Kabupaten Jayapura tolong bantu pemerintah. Saudara bertanggung jawab di wilayah usaha saudara,  protokol kesehatan benar-benar ditegakkan. Kami juga mengimbau untuk masyarakat bahwa penggunaan masker itu wajib,” ucapnya.

Sementara, Kepala Distrik Sentani, Eroll Yohanes Daisiu mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi dan imbauan secara rutin kepada masyarakat di wilayahnya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas masyarakat di luar rumah mereka masing-masing.

“Ribuan masker sudah dibagikan kepada masyarakat dengan berbagai jenis dan bahan sejak awal penanganan covid-19, bahkan saat ini penjual masker tumbu bak jamur di pinggir jalan dengan harga yang sangat terjangkau,” tutupnya.  (*)

Editor: Edho Sinaga

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top