Follow our news chanel

Previous
Next

Papua catatkan penambahan kasus baru terbanyak, sehari 74 kasus

Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 17 Mei 2020. – Satgas Covid-19 Papua
Papua catatkan penambahan kasus baru terbanyak, sehari 74 kasus 1 i Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 17 Mei 2020. – Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Satuan Tugas Covid-19 mengonfirmasi 74 kasus baru positif korona pada Minggu, mencatatkan penambahan kasus baru terbanyak sejak pandemi Covid-19 merambah Papua. Dengan tambahan itu, jumlah kasus positif korona di Papua telah mencapai 436 kasus.

Dari 74 kasus baru positif korona itu, sejumlah 36 kasus terkonfirmasi di Kota Jayapura. Sejumlah 32 kasus lainnya ditemukan di Kabupaten Mimika. Kasus baru positif korona juga terkonfirmasi di Kabupaten Boven Digoel (5 kasus) dan Merauke (1 kasus).

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule Sp.OG mengatakan dengan lonjakan kasus baru positif korona itu pemerintah daerah di Papua akan mengaktifkan beberapa karantina terpusat. Jumlah rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 juga akan ditambah. “Rumah Sakit Jiwa akan didorong bukan hanya [merawat] pasien Covid-19 dengan masalah kejiwaan, tetapi juga [pasien] Covid-19 umum,” katanya di Jayapura Minggu.

Selain itu Balai Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua serta balai pelatihan lain akan didayagunakan untuk mengarantina Orang Tanpa Gejala (OTG) yang mendapatkan hasil tes cepat (rapid test) reaktif.

Satgas Covid-19 juga akan membentuk tim dokter bergerak, yang akan diperbantukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang mengalami lonjakan jumlah pasien Covid-19. “[Tim] dokter bergerak mampu bergerak ke RSUD yang lain, jika kekurangan tenaga dokter. Ini khususnya dokter spesialis paru, anestesi dan penyakit dalam. Kami akan berkoordinasi melalui organisasi profesi dokter bergerak,” katanya.

Menurutnya, Satgas Covid-19 Papua juga sudah berkoordinasi menyiapkan alat bantu penanganan pasien yang bisa dipindahkan dengan cepat, misalnya Hepa filter dan ventilator. “Jadi alat-alat itu kalau tidak digunakan di satu rumah sakit, sementara yang lain membutuhkan, dapat digerakan,” jelasnya.

Loading...
;

Pada Minggu, sejumlah 17 pasien Covid-19 di RSUD Mimika maupun RS Tembagapura di Kabupaten Mimika dinyatakan sembuh. Kabar baik itu membuat total pasien Covid-19 yang sembuh berjumlah 106 orang, atau 24 persen dari total kasus positif korona di Papua.

“Tim Satgas provinsi Papua menyampaikan terima kasih atas dukungan moral seluruh petugas kesehatan [di Mimika]. [Petugas kesehatan] di RSUD Mimika, RS Mitra Masyarakat, dan RS Tembagapura terus melakukan pendampingan dan perawatan pasien,” katanya.

Pada Minggu, juga terdapat penambahan Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak tujuh pasien. Mereka tersebar di Kota Jayapura (5 pasien) dan Kabupaten Mimika (2 pasien).

Untuk Orang dalam Pemantauan (ODP), terdapat penambahan sebanyak 71 orang. Mereka tersebar di Kabupaten Waropen (19 orang), Kota Jayapura (17 orang), Kabupaten Jayapura (14 orang), Mamberamo Raya (12 orang), Boven Digoel (5 orang), Nabire (4 orang).(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top