Follow our news chanel

Previous
Next

Dampak pariwisata sangat signifikan bagi ekonomi warga

papua-pantai-hamadi
Warga saat berwisata di Pantai Hamadi - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sektor pariwisata, salah satunya objek wisata pantai, yang dikembangkan dan ditata baik akan menjadi sumber daya untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Meningkatnya perekonomian masyarakat dengan pengelolaan wisata pantai dirasakan Andy Merauje, salah seorang pengelola tempat wisata di Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

Menurutnya, pariwisata telah memainkan peranan penting dalam perekonomian. Sejak akses masyarakat menuju Pantai Hamadi semakin lancar, banyak warga yang berwisata untuk menikmati keindahakan alam di Teluk Youtefa itu.

“Kalau akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu, rata-rata setiap hari saya bisa dapat Rp2 juta,” ujar Merauje, saat ditemui Jubi, di Kota Jayapura-Papua, Senin (24/8/2020).

Dikatakan Merauje, sebelum objek wisata di Pantai Hamadi menggeliat, pendapatan masyarakat, khususnya pengelola wisata pantai, sangat minim karena sepi pengunjung.

“Saya punya pondok,satu pondok tarifnya Rp300 ribu. Akhir pekan semuanya terisi. Tapi kalau Senin sampai Jumat kadang cuma terisi dua atau tiga. Jadi, pemilik tempat atau pengelola wisata di Pantai Hamadi ini sudah merasakan peningkatan ekonominya,” ujar Merauje.

Dikatakan Merauje, agar pondok selalu ramai dikunjungi warga, penataan dan kebersihan pondok harus diutamakan sehingga pengunjung merasa nyaman berwisata di Pantai Hamadi.

Loading...
;

“Yah lumayan lah cukup untuk makan, cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Harapan saya pantai di Kota Jayapura ini bisa lebih maju lagi seperti di Bali dan kami mau memanjakan pengunjung dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan,” ujar Merauje.

Baca juga: Pantai Hamadi mulai dipadati pengunjung

Terpisah, Wakil Wali Kota Jayapura-Papua, Rustan Saru, mengatakan pengembangan destinasi wisata pantai melalui konsep berbasis ekonomi kerakyatan, yang sepenuhnya pengelolaannya diserahkan kepada warga pemilik ulayat.

“Tujuannya supaya masyarakat pemilik ulayat merasakan dampak peningkatan perekonomiannya. Warga diberi kesempatan yang luas untuk dapat membuka berbagai usaha yang mendukung wisatawan seperti usaha kuliner dan suvenir,” ujar Rustan.

Rustan berharap kepada pengelola wisata pantai supaya tetap memberikan pelayanan baik dan menyediakan fasilitas nyaman sehingga pengunjung senang untuk kembali menggunakan fasilitas yang disiapkan.

“Dengan demikian warga di sekitar destinasi wisata pantai bisa memperoleh pendapatan dan meningkat kesejahteraannya,” ujar Rustan. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top