Papua dan delapan kabupaten/kota terima penghargaan WTP

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua dan delapan kabupaten/kota menerima piagam penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Pemerintah Pusat terkait keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan 2017.

Penghargaan untuk provinsi Papua yang ditandatangani Menteri Keuangan, Sri Mulyani, diterima langsung oleh Asisten Bidang Umum Papua, Elysa Auri. Sementara Kabupaten dan Kota Jayapura, Merauke, Asmat, Mimika, Jayawijaya, Nabire, dan Kepulauan Yapen diterima oleh masing-masing kepala daerah.

"Pemberian opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2017 kepada provinsi dan sejumlah kabupaten/kota di Papua, menggambarkan pengelolaan keuangan telah dilaksanakan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel sesuai standar akuntansi pemerintahan maupun ketentuan perundangan," kata Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Asyik Fauzi, di Jayapura, Kamis (1/11/2018). 

Untuk itu, dirinya berharap ke depan seluruh pemerintahan di Papua dapat meraih WTP, guna terwujudnya pelaksanaan pembangunan yang bersih dan akuntabel, serta pengelolaan keuangan yang baik di atas negeri ini.

Sebab menurut ia, LKPD tahun 2017 disusun berdasarkan standar akuntasi pemerintah berbasis akrual sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

"Dengan penghargaan ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Kantor Wilayah DJP Papua dengan Pemda Papua dan kabupaten/kota, dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara di Papua," ujarnya.

Loading...
;

Asisten Bidang Umum Papua, Elysa Auri, mengatakan capaian WTP membuktikan penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan dibawah kepemimpinan Gubernur Papua Lukas Enembe semakin baik. Bahkan, capaian ini terasa spesial setelah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua mengakui hasil laporan akuntansi pengelolaan keuangan di provinsi dan kabupaten/kota memiliki nilai yang tinggi serta sangat signifikan.

"Saya harap untuk kabupaten yang belum meraih WTP atau kategori Wajar dengan Pengecualian (WDP), termotivasi dari hasil capaian tahun ini. Sehingga tahun depan mereka bisa mendapat predikat tertinggi,” kata Auri. 

Ia tekankan capaian WTP merupakan komitmen Gubernur Papua Lukas Enembe bersama Wakil Gubernur Klemen Tinal. Artinya, keberhasilan meraih WTP dikarenakan ada komitmen dari kepala daerah yang mendorong seluruh staf untuk menyajikan laporan keuangan sesuai aturan perundang-undangan berlaku.

"Sebab kalau kepala daerah punya komitmen dalam penyelengaraan pemerintahan, ya hasilnya seperti ini," ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top