Follow our news chanel

Daniel Womsiwor raih gelar Doktor di bidang sport science

Doktor pendidikan Papua
Daniel Womsiwor saat menyampaikan disertasinya dalam promosi Doktor secara online di hadapan 15 profesor dari Universitas Udayana Bali dan Universitas Padjajaran Bandung. - Jubi/Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – 4 November 2020 menjadi hari yang bersejarah dan penuh suka cita bagi Daniel Womsiwor. Pada Rabu ini, ia merampungkan studi S3 dan  menjadi orang asli Papua pertama yang meraih gelar Doktor di bidang ilmu kedokteran olahraga (sport science).

Daniel Womsiwor, SPd MFis, AIFO, anak dari pasangan Agus Womsiwor (ayah) dan Martha Mandosir (ibu) itu meraih gelar Doktor dari Pogram Studi Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali. Pria asal Kampung Sowek, Kabupaten Supiori, Papua itu meraih gelar doktornya melalui Sidang Terbuka pengujian disertasinya secara daring pada, Rabu (4/11/2020).

“Daniel Womsiwor tercatat sebagai orang asli Papua pertama [yang] dipromosikan sebagai Doktor  dalam bidang ilmu kedokteran olahraga, [dengan] disertasinya berjudul ‘Pemberian Jus Buah Merah dan Pelatihan Tahap Persiapan Khusus Meningkatkan Kemampuan Komponen Fisik Dasar, Menurunkan Kadar Asam Laktat Darah Pemain Sepakbola Persipura Junior’,” kata Profesor Alex Pangkahila, pendiri program studi Fisiologi Olahraga Fakultas Kedokteran Udayana, yang menjadi penguji Womsiwor.

Baca juga: Daniel Womsiwor, putra asli Papua masuk pengurus inti Woodball Indonesia

Pangkahila mengakui Daniel Womsiwor mampu menyelesaikan program doktornya tepat waktu, dan membuat disertasi yang menjadi terobosan terbaru dalam mendukung program pelatihan olahraga di Papua dan Indonesia. “Disertasi itu sebuah terobosan baru dan merupakan salah satu metode kekinian dalam penerapan sport science di Indonesia,” kata Pangkahila ketika mengumumkan secara resmi gelar dokter yang disandang Daniel Womsiwor.

Ketua Tim Penguji Ujian Terbuka Promotor Doktor, Profesor I Ketut Suyasa menambahkan Daniel Womsiwor saat ini merupakan salah satu pakar sport science yang dimiliki Indonesia dan Papua. “Daniel Womsiwor sangat pantas dan layak menyandang gelar itu. Kita patut mengapresiasi salah satu putra terbaik asli Papua yang ahli dalam bidangnya,” kata I Ketut Suyasa memuji.

Suyasa juga berharap Womsiwor akan mampu menerapkan hasil penelitiannya dalam program pelatihan atlet. “Semoga gelar Doktor ini kian memacu saudara Daniel Womsiwor mengaplikasikan ilmunya dalam membantu dan menopang dalam persiapan menggapai sukses prestasi di PON XX tahun 2021 di Papua,” ujarnya. (*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top