TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

DAS dan DAP akan dilibatkan sebagai panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara

Ketua AMAN Jayapura, Tanah Tabi, Papua
Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Jayapura Tanah Tabi, Benhur Wally. - Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara atau AMAN Jayapura, Tanah Tabi, Benhur Wally mengatakan harus ada rapat terbuka bersama Dewan Adat Suku dan Dewan Adat Papua untuk membentuk Panitia Lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara 2022 di Kabupaten Jayapura, Papua. Hal itu dinyatakan Wally di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Kamis (29/7/2021).

Wally berharap Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw selaku Ketua Panitia Pelaksana Kongres Masyarakat Adat Nusantara 2022 akan menggelar rapat terbuka itu. “Hal itu yang harus dilakukan oleh Bupati Jayapura, karena beliau sudah ditetapkan sebagai ketua panitia pelaksana kongres, ” ujar Wally.

Ia menyatakan pembentukan panitia lokal yang melibatkan masyarakat adat setempat sangat penting, karena Kongres Masyarakat Adat Nusantara 2022 akan dihadiri 6.000 – 8.000 orang wakil masyarakat adat dari seluruh Indonesia. Wally menyatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi pelaksanaan kongres itu di sejumlah kampung adat di Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Kabupaten jayapura jadi tuan rumah Kongres Masyarakat Adat Nusantara

Ia menyatakan pihaknya juga terus menggelar pelatihan fasilitator suku di Kabupaten Jayapura. “Sambil mempersiapkan hal-hal teknis lainnya, kami menunggu respon dari ketua umum [panitia pelaksana], dalam hal ini Bupati Jayapura, untuk melakukan pertemuan dan sekaligus pembentukan panitia lokal, ” jelasnya.

Wally menyatakan panitia lokal yang akan dibentuk akan melibatkan masyarakat adat dari seluruh tanah Tabi, termasuk masyarakat adat di Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Sarmi, dan Mamberamo Raya. “Sosialisasi juga harus dilakukan untuk masyarakat kampung di wilayah adat Bhuyakha. Kesiapan infrastruktur di setiap kampung harus dipersiapkan sejak saat ini, karena pusat kegiatan kongres di kampung, ” katanya.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menyatakan dalam waktu dekat akan membuat pertemuan kusus dengan melibatkan semua tokoh adat di sembilan Dewan Adat Suku yang ada di Kabupaten Jayapura. Pertemuan itu dilakukan untuk mempersiapkan Kabupaten Jayapura selaku tuan rumah Kongres Masyarakat Adat Nusantara 2022.

“Pelaksanaan kongres akan bertepatan dengan hari kebangkitan masyarakat adat, pada 24 Oktober 2022. Seluruh masyarakat adat akan dilibatkan dalam kegiatan kongres nasional ini. Saat ini tim sedang bekerja dengan melakukan sosialisasi ke seluruh kampung, ” pungkas Awoitauw. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us