Follow our news chanel

Previous
Next

Didukung 24 kursi di DPRD Yahukimo, Abock dan Yulianus daftar ke KPUD

Papua
Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo Abock Busup MA dan Yulianus Heluka SH saat akan mendaftar di KPU Yahukimo - Jubi/Piter Lokon.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Dekai, JubiAbock Busup, MA dan Yulianus Heluka SH resmi mendaftar sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo periode 2021-2026 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo, Minggu (06/08/2020).

Penerimaan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil kabupaten Yahukimo pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 itu dibuka oleh Ketua KPU Yahukimo Yesaya Magayang kemudian diserahkan kepada tim verifikasi.

Selepas penyerahan, tim dari KPU menyatakan, pasangan Abock Busup dan Yulianus Heluka dinyatakan memenuhi syarat untuk terdaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo periode 2021-2026, yang akan menghadapi Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

Ketua KPU Yahukimo Yesaya Magayang mengatakan, batas waktu untuk mempersiapkan yang menjadi kekurangan adalah sampai tanggal 16 September 2020.

“Jadi, beberapa hari ke depan segera melengkapi persyaratan yang belum. Mohon perhatikan baik-baik,” kata Yesaya Magayang.

Ketua KPU Yahukimo Yesaya Magayang mengatakan, setiap tim sukses dari tiap Paslon diminta untuk mengirimkan perwakilannya atau penghubung di KPU Yahukimo agar bisa cepat berkoodinasi jika ada kekurangan dalam proses administrasi dan tahapan Pemilukada. Selain itu, KPU juga saat ini telah bekerjasama dengan pihak rumah sakit umum daerah (RSUD) Dekai dalam memeriksa kesehatan kedua Paslon.

“Tim penghubung tolong diperhatikan, dengan memberikan surat mandat dari tim kedua pasangan calon. KPU dan Bawaslu Yahukimo siap untuk mendampingi bakal calon. Di KPU Yahukimo ada dua calon yang mendaftar di kami secara resmi,” kata Ketua KPU Yahukimo.

Loading...
;

Magayang menjelaskan, ada 35 kursi di DPRD Yahukimo dengan pembagian kursi pasangan calon petahana Abock Busup dan Yulianus Heluka yang telah mendaftar dengan 9 Partai Politik atau 24 kursi di DPRD. Sementara pasangan calon Didimus Yahuli dan Esau Miram telah mendaftar dengan 5 partai politik atau 11 kursi anggota DPRD Yahukimo.

“Kami juga akan melakukan verifikasi-verifikasi maka akan turun ke lapangan yaitu sekolah dan kampus untuk memastikan ijazah terakhir,” katanya.

Dari pantauan Jubi, saat mendaftar, pasangan Abock Busup dan Yulianus Heluka didampingi oleh pemimpin partai politik ketua dan sekretaris partai dari  9 partai politik yang memiliki kursi di DPR Yahukimo yaitu PAN, Demokrat, PKB, Gerindra, PPP, PSI, PBB, PKS dan dua partai politik non kursi yaitu PDI Perjuangan dan Partai Garuda, dengan jumlah kursi 24 dari 35 kursi yang ada di DPRD Yahukimo. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top