Disperindag Kota Jayapura pindahkan pedagang di terminal ke dalam pasar regional Youtefa

Penertiban pedagang di pasar (baru) regional Youtefa, Kota Jayapura, Papua
Pedagang di terminal pasar baru regional Youtefa saat ditertibkan - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura, Provinsi Papua terus melakukan pembenahan terhadap fasilitas pasar agar nyaman ditempati pedagang.

“Kemarin kami melakukan penertiban untuk memindahkan pedagang yang jualan di terminal,” ujar Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N Awi, di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (14/7/2021).

Dikatakan Awi, hal itu dilakukan guna maksimalkan pelayanan sekaligus memberikan kenyaman kepada pedagang di pasar (baru) regional Youtefa.

“Kami bersama-sama pedagang sedang menyiapkan lahan baru buat mereka berdagang, karena pedagang yang ada di terminal itu selanjutnya kami pindahkan ke dalam pasar,” ujar Awi.

Dikatakan Awi, dengan dilarangnya pedagang berjualan di terminal agar memudahkan pembeli dalam mencari kebutuhan bahan pokok yang diinginkan, karena pedagang tidak terpecah-pecah.

“Selama ini kan di dalam pasar kelihatannya sepi karena sebagian pedagang berjualan di terminal. Ini yang mau kami tertibkan. Saya berharap pedagang mau mengerti dan bersedia untuk pindah di dalam pasar,” ujar Awi.

Baca juga: Pemkot Jayapura negosiasi pelepasan lahan di samping pasar regional Youtefa

Loading...
;

Salah seorang pedagang di terminal pasar (baru) regional Youtefa, Siska Hanasbei, mengatakan bersedia dipindahkan ke dalam pasar, namun harus diawasi agar pedagang tidak kembali berjualan di terminal.

“Jangan sampai pedagang kembali lagi berjualan di terminal. Ini harus diawasi supaya tidak ada rasa kecemburuan sesama pedagang. Apalagi kami ini sama-sama cari makan di dalam pasar,” ujar Hanasbei.

Hanasbei berharap dengan dipindahkannya pedagang di terminal masuk ke dalam pasar membuat pembeli dagangannya semakin banyak sehingga penghasilannya juga bertambah.

“Apa maunya pemerintah pastinya itu yang terbaik buat pedagang. Kami terus diminta untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Hanasbei.

Pedagang lainnya, Asnawi, mengaku tidak keberatan bila dipindahkan karena itu sesuai peraturan dan kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura yang harus diikuti.

“Pastinya ini semua demi kebaikan pedagang juga. Kami sudah bersyukur mendapatkan tempat di pasar baru ini. Jadi, apapun keputusan pemerintah pastinya untuk kebaikan pedagang juga,” ujar Asnawi. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top