Eduard Ivakdalam: Kuota 20 pemain tidak ideal

papua-eduard-ivakdalam
Pelatih tim sepakbola PON Papua, Eduard Ivakdalam - Jubi/CR-4

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pelatih tim sepakbola PON Papua, Eduard Ivakdalam, menilai kuota maksimal 20 pemain untuk semua tim sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua yang ditetapkan oleh federasi sepakbola Indonesia (PSSI) tidak ideal.

Kata Edu, sapaan akrab Eduard Ivakdalam, kuota tersebut akan sangat merugikan timnya, bahkan mungkin dengan kontingen yang lain.

Pasalnya, menurut Edu, dengan jumlah 20 pemain akan sangat sulit untuk menerapkan simulasi atau game internal untuk mengasah taktik dan strategi bagi anak asuhnya selama berlatih.

Jelas Edu, lazimnya, tim-tim sepakbola, termasuk timnya kerap menggelar simulasi atau game internal dengan 11 lawan 11. Dengan kuota 20 pemain ia merasa hal itu sulit dilakukan.

“Dengan kuota 20 pemain ini saya rasa akan sulit untuk tim manapun yang berlatih dan hendak melakukan game internal. Sangat tidak ideal kalau hanya 20 pemain,” ujar Edu saat dihubungi Jubi, Senin (21/12/20).

Legenda Persipura Jayapura ini menuturkan, dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini, timnya juga kesulitan menggelar laga ujicoba dengan tim lain. Sebagai gantinya, mereka melakukan game internal. Untuk itu, Edu meminta pertimbangan lagi agar kuota yang ditetapkan itu bisa ditambah menjadi 22 pemain.

“Sampai hari ini kita bersyukur karena KONI masih mengizinkan kita menggunakan 25 pemain dan program latihan bisa berjalan baik. Menurut saya, kalau bisa maksimal 22 pemain lah karena pasti pelatih juga akan kesulitan kalau dibatasi hingga 20 pemain. Menjalankan program latihan game internal untuk menentukan strategi itu harus 11 lawan 11. Kita kan pasti ada simulasi bertanding nanti. Apalagi pandemi ini susah cari lawan uji coba,” ungkap Edu.

Loading...
;

Dirinya berharap, KONI Papua dan Asprov PSSI Papua bisa menyampaikan ke PSSI untuk mempertimbangkan lagi keputusan tersebut.

“Kita masih berharap kalau bisa KONI dam Asprov bisa meminta pertimbangan untuk bisa mengubah keputusan tersebut. Sampai sekarang persiapan kita masih tanpa kendala, mudah-mudahan KONI dan Asprov juga tidak serta merta mengurangi kuota hingga 20 pemain,” harapnya.

Baca juga: Eduard Ivakdalam sayangkan keputusan PSSI soal pemain profesional di PON

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, telah menetapkan kouta maksimal 20 pemain untuk setiap tim sepakbola PON XX dan mempersilakan masing-masing tim diperkuat tiga pemain profesional, berdasarkan rapat komite eksekutif PSSI yang digelar secara daring, Rabu (16/12/20) lalu.

“Untuk cabor sepakbola PON XX setiap tim kuota maksimal 20 pemain dan bisa diperkuat oleh tiga pemain profesional,” ujarnya. (CR-4)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top