Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-wabup-merauke
Wakil Bupati Merauke, Sularso, sedang memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan- Jubi/Frans L Kobun

Empat meninggal akibat Covid-19, Wabup Merauke: Masyarakat harus patuhi prokes

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Dalam sepekan terakhir, empat orang telah meninggal dunia akibat Covid-19 di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Jumlah kasus yang seelumnya tembus hingga 90 orang terkonfirmasi Covid-19, kini terjadi penurunan menjadi 74 dan sedang menjalani isolasi sekaligus perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke.

Wakil Bupati Merauke, Sularso, saat ditemui sejumlah wartawan Senin (28/12/2020) membenarkannya.

“Memang benar empat meninggal dunia akibat Covid-19. Sedangkan puluhan lain sedang menjalani perawatan. Olehnya masyarakat diminta agar harus mematuhi protokol kesehatan,” pintanya.

Selain itu, Wabup Sularso juga minta masyarakat harus selalu mengenakan masker saat berada di luar rumah, rajin mencuci tangan, serta menghindari kerumunan.

“Dengan jumlah yang sangat banyak, hingga empat meninggal dunia, sangat mengejutkan. Olehnya pengetatan harus terus dilakukan,” ungkapnya.

Apalagi, lanjut Sularso, penyebaran korona di kabupaten di selatan Papua ini sudah bukan karena perjalanan, namun telah terkadi transmisi lokal dalam beberapa waktu terakhir.

“Betul sangat sulit dikontrol jika terjadi transmisi lokal,” ujarnya.

Loading...
;

Dengan transmisi lokal, menurutnya, kebijakan yang akan diambil pemerintah setempat adalah melakukan rapid test secara masal di berbagai tempat termasuk di pasar. Sehingga ada deteksi dini terjadinya penularan kepada masyarakat luas.

“Ya betul dengan transmisi lokal, penyebaran paling cepat. Olehnya semua orang harus mematuhi anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan setiap hari,” pintanya.

Baca juga: Satu lagi, pasien Covid-19 meninggal dunia di Merauke

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Moses Kaibu, meminta kepada pemerintah setempat agar segera mengambil langkah cepat dengan melakukan rapid test.

“Dengan begitu, dapat mengantisipasi adanya penularan sekaligus menekan penambahan jumlah pasien Covid-19,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Scroll to Top