Gempa tektonik magnitudo 5,3 guncang Wamena

Papua-gempa Wamena
Pusat lokasi gempa tektonik magnitude 5,3 yang mengguncang Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Proinsi Papua, Jumat (12/3/2021) - Jubi/BMKG

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Kota Wamena, Jayawijaya dan sekitarnya pada Jumat (12/3/2021) sekira pukul 10.16 waktu Papua, diguncang gempa dengan magnitudo 5,3. Pusat gempa di selatan Kota Wamena.

Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Wamena, I Wayan Gita Giriharta, menyebut dari analisis BMKG, pendahuluan gempa memiliki magnitudo 5,6 namun setelah di update menjadi 5,3 SR yang terletak pada 4,54 LS dan 138,98 BT atau berlokasi pada jarak 49 kilometer arah selatan kota Wamena, Jayawijaya, Provinsi Papua, pada kedalaman 24 kilometer.

“Ini jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Dampak dari gempa ini dirasakan di daerah Wamena sebesar IV MMI yang cukup terasa saat dalam rumah, kemudian di Timika mencapai II-III MMI,” katanya di kantor BMKG Wamena, Jumat (12/3/2021).

Papua-BMKG Wamena
Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Wamena saat menunjukan pusat lokasi gempa – Jubi/Islami

Katanya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrustfault), sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan.

“Setelah gempa tersebut, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” katanya.

Saat terjadi gempa masyarakat cukup merasakan getaran ketika berada di rumah, sehingga memilih untuk keluar rumah.

“Pas lagi masak di dapur juga cukup terasa, karena takut akhirnya lebih memilih keluar saja,” ujar Titie seorang ibu rumah tangga usai gempa. (*)

Loading...
;

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top