Harga cabai dan tomat di Wamena masih terjangkau

Papua
Salah satu pedagang rica dan tomat di Pasar tradisional Potikelek Wamena-Jubi/Islami.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Meski di sejumlah daerah di luar Wamena bahkan di luar Papua harga komiditi cabai dan tomat melonjak tinggi akibat gagal panen, namun tidak di Wamena.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Jayawijaya, Lukas Kossay mengaku memang saat ini ada sedikit kesulitan pasokan khusus komoditi rica (cabai kecil) dan tomat yang didatangkan dari luar Wamena.

Hal itu disebabkan di beberapa daerah pemasok terjadi banjir sehingga petani gagal panen, tetapi di pasaran harga tetap stabil, tidak ada pengaruh sama sekali hanya pasokan saja yang kurang, kata Kossay kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (9/3/2021).

Ia menjelaskan, memang harga cabai kecil pernah menyentuh Rp140 ribu per kilogram, tomat Rp40-60 ribu per kilogramnya namun hal itu fluktuatif karena ketika pasokan lancar harga kembali turun.

“Cabai kecil standarnya Rp.80-90 ribu per kg, tomat Rp.40-60 ribu bahkan stabilnya Rp25-30 ribu per kilogramnya,” katanya.

Ia juga menyebut komoditi cabai dan tomat lokal juga saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga masih mengandalkan pasokan dari luar Wamena.

“Yang terpenting pasokan komoditi ada di pasaran, soal harga itu karena kondisi cuaca ekstrim, tetapi masih wajar,” katanya.

Loading...
;

Seorang pedagang pasar tradisional Potikelek Wamena, Aswar menyebut jika sudah dua bulan berjalan ia tidak mendatangkan cabai kecil dan tomat dari luar Wamena.

Kata dia, memang saat ini komoditi tomat dan rica kecil kenaikannya terlalu tinggi, khusus tomat naik menjadi Rp.35-40 ribu per kg, rica biasanya jual harga Rp.70 ribu per kg, naik menjadi Rp.100 ribu per kg.

“Kurangnya pasokan dari Jayapura makanya mahal, sudah dua bulan ini kita jual rica Wamena, bicara dengan mama-mama asli Papua meminta untuk tanam sebanyak-banyaknya supaya rica dari Jayapura sudah tidak didatangkan lagi biar kita jual rica dan tomat dari Wamena saja,” kata Aswar.

Dalam dua bulan terakhir ini ia pun mengambil cabai kecil dan tomat lokal, meski memang pasokannya tidak cukup banyak, namun dari segi harga cukup bersaing.

“Sekarang saya jual rica Rp90 ribu per kg, tomat Rp35 ribu per kg. Cabai besar dan cabai keriting harganya normal. Tomat dan rica tiga bulan terakhir ini naik terus tidak pernah turun, terahir jual untuk tomat Rp50 ribu per kg, rica Rp100 ribu per kg,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top