Hari Santri Nasional, Bupati Merauke: Santri harus hidup bertoleransi

Papua-upacara Hari Santri Nasional di Merauke
Para santri mengikuti upacara di halaman Pondok Pesantren DDI Lampu Satu, Kelurahan Samkai, Kabupaten Merauke, Jumat (22/10/2021) – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, bertindak sebagai pemimpin upacara pada peringatan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2021 yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI) Lampu Satu, Kelurahan Samkai, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Hadir dalam upacara itu, Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan, serta Muspida dan tamu undangan lain, termasuk para santri dari sejumlah pondok pesantren yang tersebar di kota dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Bupati Mbaraka meminta kepada para santri agar berbudi pekerti luhur dan tangguh jiwa raga, cerdas serta memiliki keterampilan (life skill). Karena Indonesia kedepan ada di tangan kalian semua.

Selain itu, pinta bupati, para santri harus hidup dengan penuh komunikasi yang baik. Karena ini adalah bagian dari sumpah santri. Santri juga harus hidup bertoleransi serta menghargai satu sama lain.

“Itu merupakan wujud untuk kita sama-sama menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia,” katanya.

Negara, jelas bupati, akan menjadi kuat ketika semua bersatu. Karena dasar mendirikan negara ini dari kebhinekaan menjadi satu kesatuan yang tak bisa diganggu gugat oleh siapapun.

Sehingga, katanya, dunia patut memperhitungkan Indonesia karena keanekaragaman perbedaan, namun menjadi satu kesatuan yang utuh dari Sabang hingga Merauke.

Loading...
;

Dalam kesempatan itu, Bupati Mbaraka meminta para santri agar belajar yang baik.

“Masa depan ada di tangan kalian sendiri. Hormati juga para guru, Pembina, dan siapa saja termasuk orangtua. Tingkatkan kepribadian, baik secara intelektual, life skill atau keterampilan, karena ke depan dunia sudah mengarah kepada globalisasi teknologi. Orang tak harus ke Amerika belajar di sana, tetapi melalui internet juga bisa,” katanya.

Baca juga: Hari santri 2021, pegiat hukum dorong asesmen rutin di Ponpes

Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan, juga meminta kepada para santri agar terus menggapai apa yang dicita-citakan. Kuncinya adalah terus belajar dari waktu ke waktu dengan baik dan tekun.

“Yakin dan percaya, apa yang menjadi harapan dan cita-cita akan tergapai ketika kalian selalu tekun  belajar,” ujarnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top