Follow our news chanel

Papua jadi tempat penelitian mahasiswa Seskoal

Papua jadi tempat penelitian mahasiswa Seskoal 1 i Papua
: Asisten Bidang Umum Papua Elysa Auri, saat berbincang dengan dosen dan mahasiswa Seskoal – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Provinsi Papua dipilih menjadi tempat penelitian lima perwira mahasiswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), dikarenakan memiliki wilayah laut yang sangat luas.

Ketua rombongan mahasiswa Sekolah Komando Angkatan Laut (Seskoal), Kolonel Laut (T) Deddy Coredikris mengatakan mahasiswa Seskoal akan membuat satu tulisan mengenai potensi sumber daya alam dan manusia dalam mendukung pertahanan laut. Dengan demikian, Papua menjadi pilihan utama.

“Potensi yang dimiliki Papua sudah tidak diragukan lagi. Untuk itu, lewat penelitian ini kami ingin memberikan dukungan terhadap program pemerintah yang ada,” kata Deddy, di Jayapura, Kamis (25/4/2019).

Selain itu, ujar ia, pihaknya juga ingin mengetahui rencana pembangunan Papua ke depan. “Intinya, apa yang menjadi kendala pemerintah Papua, akan kami teruskan ke pemerintah pusat untuk mendapat tindak lanjut,” ujarnya.

Sedangkan mengenai masalah perbatasan, menurut ia, sesuai dengan data yang pihaknya peroleh sering terjadi pelanggaran wilayah, khususnya laut. Sedangkan di darat kerap terjadi penyeludupan narkoba, dan perdagangan illegal.

“Ini sudah kami catat dan akan menjadi satu hal yang prioritas untuk selanjutnya menjadi rekomendasi,” kata Deddy yang juga merupaka dosen SBS Manajemen, Seskoal.

Di tempat yang sama, Asisten Bidang Umum Papua Elysa Auri mengatakan Papua dipilih menjadi tempat penelitian mahasiswa Seskoal, dalam rangka melihat bagaimana penanganan-penanganan sumber daya alam laut.

Loading...
;

Di samping itu, mereka juga ingin mengetahui tentang strategi pembangunan Provinsi Papua yang akan datang.

“Saya sudah jelaskan kepada mereka beberapa hal tentang itu, terutama soal keamanan laut apalagi luas Papua dua kali pulau Jawa sehingga memang perlu ada kerjasama antar pemerintah provinsi Papua dengan Angkatan Laut, dengan harapan tidak ada gangguan keamanan di wilayah maritim,” kata Auri.

Menurut ia, setelah penelitian nanti ada beberapa rekomendasi yang akan dibicarakan dengan pihak Lantamal, kemudian dibahas dengan Pemda kira-kira langkah-langkah apa yang strategis untuk menangani pengamanan maritim, khususnya sumber daya alam sehinga bisa memberikan dampak postif bagi masyarakat.

“Pemda terus melakukan upaya untuk membangun SDM Papua ikut berpartisipasi dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top