Jaga kebersihan pantai, wujudkan keindahan ekosistem alam

papua-bersih-pantai-hamadi
Manajemen dan staf Hotel Horison Ultima Entrop, Kota Jayapura saat membersihkan sampah plastik di Pantai Hamadi - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kota Jayapura, Provinsi Papua memiliki alam indah. Dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menjaga keindahannya, terutama bebas dari sampah plastik, supaya ekosistem alam khususnya laut dan pantai, terjaga.

Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup bebas dari sampah plastik, manajemen dan karyawan Hotel Horison Ultima Entrop Kota Jayapura, melaksanakan kegiatan bersih-bersih di pantai, salah satunya di Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan.

“Kegiatan ini bertujuan mengenalkan Hotel Horison kepada masyarakat dalam program CSR Horison Peduli dengan membersihkan pesisir pantai untuk mewujudkan keindahan ekosistem alam terbebas dari sampah plastik,” ujar General Manajer Horison Ultima Entrop, Komang Sumerta, di Pantai Hamadi, Sabtu (14/11/2020) akhir pekan lalu.

Menurut Sumerta, program CSR Horison Peduli tersebut rutin dilaksanakan walaupun hotel yang terletak di Jalan Kelapa Dua Entrop, Distrik Jayapura Selatan, baru akan diresmikan pada 20 November nanti.

“Manfaatnya bukan cuma buat kami, tapi juga para penikmat pantai. Hari ini kami bersihkan di Pantai Hamadi sepanjang satu kilometer. Kami memilih Pantai Hamadi karena merupakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi warga. Setiap bulan minimal ada satu kali pembersihan pantai,” ujar Sumerta.

Dikatakan Sumerta, kegiatan bersih-bersih pantai yang melibatkan 20 orang itu mendapatkan sampah plastik seperti kantong plastik dan botol minuman, yang dianggap menjadi masalah utama bagi lingkungan, karena sifatnya sulit diurai dan merusak ekosistem, baik darat maupun lautan.

“Lumayan banyak sampah plastik yang kami kumpulkan menggunakan kantong plastik besar. Saya lihat masyarakat (pengunjung pantai) sudah cukup sadar dengan lingkungan, tapi mesti harus ditingkatkan lagi. Kegiatan bersih-bersih pantai ini sekaligus kami memberikan tempat sampah dan sapu kepada pengelola pantai,” ujar Sumerta.

Loading...
;

Sumerta menambahkan Hotel Horison Ultima Entrop merupakan Horison Hotels Group telah diberikan kepercayaan oleh PT. Cahaya Mitra Hospitalitas untuk mengoperasikan dan mengembangkan hotel keenam di Papua, yang menyediakan fasilitas lengkap hotel bintang empat.

“Sangat cocok untuk dijadikan tempat menginap karena pelayanan hotel mewah yang mampu memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi tamu hotel, dan juga lokasinya berdekatan dengan pusat perbelanjaan Mall Jayapura dan Pantai Hamadi,” katanya.

Selain itu, Hotel Horison Ultima Entrop dekat dengan Terminal Tipe A Entrop, Stasiun Mandala, Danau Sentani, dan Pasar Hamadi serta jarak tempuh menuju Bandar Udara Theys Eluay hanya membutuhkan waktu 50 menit dari hotel.

Salah satu pengelola di Pantai Hamadi, Nudilat, menyampaikan terima kasih kepada Hotel Horison Ultima Entrop, yang dinilainya sangat membantu terutama menampung sampah pengunjung maupun sampah dari laut.

“Kami diberikan bak sampah dari drum ada lima dan sapu ijuknya ada dua. Kegiatan bersih-bersih ini sangat bagus untuk menjaga kebersihan pantai,” ujar Nurdilat. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top