Follow our news chanel

Jakcsen Tiago berbagi ilmu kepada pesepakbola usia dini

papua-JFT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago - Jubi/MO Persipura 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Di tengah jeda kompetisi akibat pandemi Covid-19 sejak berapa bulan lalu, pelaku sepakbola di Indonesia memilih mencari kegiatan baru untuk mengisi kekosongan waktu. Tak terkecuali, pelatih Persipura Jayapura-Papua, Jacksen F. Tiago.

Selain masih fokus memberikan program latihan daring kepada skuad Mutiara Hitam dari Papua, juru taktik asal Brasil ini akan membuka sebuah kegiatan bertajuk Football Camp yang dikhususkan bagi pesepakbola usia dini, 10 hingga 15 tahun.

Kegiatan ini akan digelar pada tanggal 6 hingga 12 Desember 2020 di lapangan sepakbola Kusuma Agrowisata, Kota Batu, Malang.

Yah, Desember nanti saya buat sebuah kegiatan dalam waktu seminggu dengan anak-anak umur 10 sampai 15 tahun di hotel penginapan Persipura di Kota Batu, Malang,” ujar Jacksen kepada Jubi di Jayapura, Papua, Minggu (22/11/20).

Jacksen mengaku kegiatan tersebut diinisiasi oleh manajemen hotel penginapan Persipura, sambil mengisi kekosongan waktu di tengah jeda kompetisi Liga 1 2020.

Eks pelatih Barito Putera ini juga merasa terpanggil untuk memberikan ilmu dan wawasan sepakbola bagi pesepakbola muda, yang mana kegiatan serupa juga sudah semakin menjamur di Indonesia.

“Memanfaatkan waktu luang dengan membagi ilmu dengan adik-adik, mengingat banyak kegiatan usia dini yang lagi trend di Indonesia,” jelas Jacksen.

Loading...
;

Pelatih fisik Persipura Jayapura, Breno Araujo, akan mendampingi Jacksen untuk memberikan materi dalam kegiatan tersebut. Breno sangat bersemangat, mengingat lanjutan kompetisi Liga 1 2020 juga tengah mengalami vakum.

Kata Breno, kegiatan tersebut sangat bagus untuk mengisi kekosongan waktu, sekaligus bermanfaat bagi pesepakbola usia dini untuk menambah ilmu dan wawasan mereka.

“Pelatihan ini sangat bagus, dan ini akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan untuk kami dan adik-adik yang akan mengikuti kegiatan ini,” ujar Breno.

Baca juga: Kontrak berakhir Desember, JFT minta pemain Persipura bersikap profesional

Sebelumnya, Jacksen Tiago mengatakan timnya tetap menjalankan aktivitas latihan seperti biasanya, namun hanya dilakukan secara daring.

Pasalnya, sebagian besar anak asuhnya berada di Kota Jayapura usai menjalani pemusatan latihan (TC) dan beberapa pemain dari luar Papua memilih kembali ke kampung halaman masing-masing.

“Tim kami masih menjalankan program latihan mandiri secara virtual dari tempat masing-masing, masih seperti kebiasaan kami sebelumnya di masa pandemi Covid-19 ini. Kami belum mendapatkan perintah dari manajemen untuk meliburkan tim,” ujar Jacksen.

Meskipun secara resmi federasi sepakbola Indonesia (PSSI) bersama operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menunda Liga 1 2020 hingga awal tahun 2021 mendatang, namun Persipura masih menanti kepastian yang lebih konkret.

Big man, sapaan akrab Jacksen Tiago, mengatakan dirinya tak bisa banyak berkomentar perihal nasib kompetisi di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, ia mengaku jika hal tersebut di luar faktor teknis dalam dunia sepak bola. Jacksen mempercayakan sepenuhnya pada pemerintah.

“Saya tidak bisa memberikan banyak tanggapan apapun, karena persoalan yang ada sekarang ini berhubungan dengan instansi negara dan kebijakan pemerintah di masa pandemi, sehingga keluar jauh dari wilayah teknis. Sulit rasanya untuk memberikan tanggapan di luar aspek teknis,” tandasnya. (CR-4)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top