Jayawijaya bersiap diri antisipasi bencana

papua-apel-siaga-bencana-jayawijaya

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya, Provinsi Papua bersama stakeholder dan jajaran TNI-Polri mempersiapkan diri dalam mengantisipasi datangnya bencana, dengan menggelar apel kesiapsiagaan bencana, di depan Tugu Salib Wio Silimo, Wamena, Senin (16/11/2020).

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, mengatakan melihat curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini di wilayahnya, apalagi menjelang akhir tahun, seluruh pihak perlu berkoordinasi dalam pencegahan terjadinya bencana.

“Kita lihat situasi di daerah Jayawijaya dengan curah hujan yang cukup tinggi sehingga sering terjadi banjir dan longsor. Maka kami berkoordinasi dengan seluruh stakeholder maupun TNI dan Polri yang ada, untuk kesiagaan kita, maka hari ini kami apel kesiagaan untuk antisipasi bencana,” katanya, usai apel siaga bencana.

Lebih jauh Bupati Banua mengatakan apel siaga bencan ini digelar guna mengantisipasi kemungkinan jika terjadi bencana.

“Semua pihak sudah siap. Dalam tahap awal ini hanya berbentuk imbauan maupun sosialisasi kepada masyarakat yang berada di pinggiran aliran sungai dan juga lereng gunung,” katanya.

“Yang dilibatkan TNI-Polri maupun OPD terkait maupun stakeholder yang selama ini ikut menangani bencana. Langkah-langkah awal berbentuk imbauan untuk antisipasi apabila curah hujan tinggi, perlu antisipasi kepada masyarakat untuk meninggalkan tempat hunian mereka, sehingga ketika bencana datang tidak ada jatuh korban,” imbuhnya.

Baca juga: Tim Covid-19 Jayawijaya jemput 12 orang di satu lokasi

Loading...
;

Sementara, Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen, mengaku siap membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi datangnya bencana, dengan memberi sosialisasi bagi masyarakat khususnya di pinggiran sungai maupun di bawah kaki gunung di kabupaten di pegunungan tengah Papua ini.

“Diketahui bersama jika memasuki akhir tahun curah hujan tinggi, dimana potensi bencana khususnya beberapa aliran sungai yang melewati kawasan perkampungan, aparat kepolisian dibantu stakeholder lainya juga TNI dan dari BPBD mensosalisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top