Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Senator Filep Wamafma sebut Kajati Papua Barat sosok inspiratif

papua-kajati-papua-barat
Anggota DPD RI perwakilan Papua Barat, Filep Wamafma, saat bertatap muka bersama Kajati Papua Barat, Yusuf, di Manokwari-Papua Barat, Selasa (4/8/2020) - Jubi/Hans Arnold Kapisa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Senator Filep Wamafma, anggota DPD RI perwakilan Papua Barat, mengapresiasi  kerja nyata Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat di bawah kepemimpinan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), Yusuf. Dalam kurun waktu enam bulan, Kejati Papua Barat mampu menangani lima perkara tindak pidana umum dan menyidik tiga perkara tindak pidana korupsi di wilayah hukum Papua Barat.

Dalam kurun waktu tersebut, Kejati Papua Barat juga mengikat kerjasama dengan berbagai instansi di bidang perdata dan tata usaha negara, sebagai upaya pencegahan dan pembinaan hukum dengan mengedepankan kearifan lokal dalam pelayanan umum di masyarakat.

“Yusuf, Kajati Papua Barat, adalah sosok inspiratif di Tanah Papua. Gebrakan awal Kejati di Papua Barat tak saja bermitra dengan pemerintah dan elite swasta, tapi juga dengan masyarakat adat,” ujar Wamafma, di Manokwari-Papua Barat, Selasa (4/8/2020).

Senator Filep Wamafma sebut Kajati Papua Barat sosok inspiratif 1 i Papua

Wamafma minta kehadiran Kejati Papua Barat mampu memangkas berbagai praktek tindak pidana korupsi yang kerap terjadi di lingkungan birokrasi Pemerintahan Provinsi Papua Barat dan kabupaten/kota di wilayah ini, yang merugikan negara dan menyengsarakan rakyat.

“Kami mendukung penuh tugas pelayanan Kejati Papua Barat dalam melakukan pendampingan dan pembinaan hukum di bidang tata usaha negara maupun pelayanan kepada masyarakat dengan mengedepankan local wisdom [kearifan lokal]. Tetapi, kami juga desak Kejati tak luput dari fungsi penindakan, terutama perkara korupsi yang menyengsarakan rakyat,” ujar Wamafma.

Satu catatan penting, sebut Wamafma, Kejati Papua Barat mampu meredam dampak api rasisme di Papua Barat, melalui pemberian rencana tuntutan kepada puluhan terpidana yang sebelumnya disangkakan pasal makar, namun pada akhirnya bebas dengan vonis hukuman di bawah satu tahun.

“Bagian ini yang patut diacungi jempol karena Kajati Papua Barat mampu memadamkan bara api rasisme yang sebelumnya juga menjadi tugas Pansus Papua di DPD RI,” ujar Wamafma.

Loading...
;

Baca juga: Ini ‘ladang’ korupsi di Papua Barat

Sementara, Kajati Papua Barat, Yusuf, pun sebaliknya berharap kepada DPD RI perwakilan Papua Barat, tetap mengawal kepentingan dan aspirasi daerah Papua Barat dalam setiap keputusan politis, yang berkepentingan dengan pelayanan umum termasuk hak-hak dasar masyarakat asli Papua yang punya kekhususan.

“Ke depan kita akan kerjasama dengan DPD RI perwakilan Papua Barat untuk menjamin aspirasi daerah tetap terakomodior dalam kebijakan pusat,” kata Yusuf. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top