Kapal ikan tenggelam, delapan ABK selamat, satu orang dalam pencarian

Tim gabungan SAR Merauke, Papua
VEE GIE

Papua No. 1 News Portal | Jubi     

Merauke, Jubi – Kapal VEE GIE dengan kapasitas 24 GT tenggelam di perairan Arafura, Sabtu (10/7/2021) sekitar pukul 04.00 Waktu Papua (WP), ketika hendak berlayar ke Torasi melakukan pencarian ikan di sana.

Di dalam kapal tersebut, terdapat sembilan orang. Delapan di antaraya adalah anak buah kapal (AKB). Sedangkan satunya adalah penumpang, anggota TNI AL yang akan melaksanakan tugas di Pos Torasi, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua.

Para ABK dan penumpang itu yakni Ahmad, Rahmad Rasudin, Jodi Purwanto, Fajar, Irma, Udin Rais, dan  Praka Nursalam (anggota TNI AL) yang hingga kini masih dalam pencarian.

Kasat Polairud Polres Merauke, AKP Burhanuddin, kepada sejumlah wartawan, Selasa (13/7/2021), membenarkan kejadian tersebut.

“Memang kapal itu berangkat dari dermaga Mansur dengan tujuan ke perairan Torasi menjaring ikan,” ujarnya.

Dalam perjalanan, menurutya, sekitar pukul 04.00 WP, sekitar 2 mil dari lampu suar perairan Arafura, Lampu Satu, akibat angin kencang, kapal miring ke kanan dan tiba-tiba haluan juga tenggelam.

Di saat kapal tenggelam, para ABK tetap berpegangan pada bagian belakang (buritan) kapal. Sedangkan penumpang atas nama Praka Nursalam, anggota TNI AL, melompat dan menggapai drum biru, lalu hanyut dan terbawa gelombang,

Loading...
;

“Memang saat itu cuaca gelap. Para ABK sempat melihat korban perlahan menjauh dan tak kelihatan lagi,” ujarnya.

Baca juga: Hukuman push up bagi pelanggar prokes di Merauke

Kasubag Humas Polres Merauke, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ariffin, menambahkan hingga pagi kedelapan ABK masih bertahan di belakang kapal (buritan). Sekitar pukul 08.00 WP, baru ditolong perahu semang.

Sedangkan anggota TNI AL itu, hingga kini masih dalam pencarian dan belum ditemukan. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top