Follow our news chanel

Previous
Next

Kemenag Kota Jayapura apresiasi jemaah haji yang tidak tarik biaya pelunasan

papua-kepa-kantor-kemenag-kota-jayapura
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Abdul Hafid Jusuf, saat berbincang-bincang dengan kolega - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Terkait pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 2020, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jayapura, Papua memberikan apresiasi kepada calon jemaah haji yang hingga kini belum menarik biaya pelunasan perjalanan ibadah haji.

“Sampai sekarang saya belum mendapatkan informasi dari Kasi Penyelenggaraan Haji terkait dengan ini (penarikan pelunasan biaya keberangkatan haji),” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Abdul Hafid Jusuf, di Kantor Wali Kota Jayapura-Papua, Jumat (17/7/2020).

Dikatakan Jusuf, sebanyak 322 orang calon jemaah haji Kota Jayapura sudah melunasi biaya perjalanan haji, karena musim haji 2020 dibatalkan oleh Pemerintah Arab Saudi, calon jemaah haji disilakan jika ingin menarik kembali biaya pelunasan perjalanan haji tersebut.

“Persoalan pembatalan haji ini saya pikir mereka tidak ambil pusing karena mereka memahami kondisi yang terjadi secara global saat ini. Menurut asumsi saya, terkait pembatalan haji ini mereka rela dan ikhlas,” ujar Jusuf.

Baca juga: Jamaah Calon Haji Kota Jayapura dipersilahkan jika ingin tarik biaya pelunasan

Baca juga: Kemenag Kota Jayapura imbau warga jaga kebersihan sarana ibadah

Jusuf menjelaskan bila biaya pelunasan haji tidak ditarik maka ada nilai manfaatnya, yaitu bunga uangnya itu (biaya pelunasan haji) akan diberikan pada 2021 atau satu bulan sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji.

Loading...
;

Namun, bila biaya perjalanan haji ditarik semua calon jemaah haji bersangkutan batal berangkat, tapi kalau hanya menarik setengah dari biaya pelunasan haji maka tahun depan berangkat haji.

“Biaya haji 2020 bervariasi, mulai dari zona 1, 2, dan 3. Kota Jayapura masuk dalam embarkasi Makassar atau masuk dalam zona 3 dengan biaya haji kurang lebih Rp39 juta. Sesuai Rencana Perjalanan Haji yang telah disusun Kemenag, jemaah Indonesia akan mulai masuk asrama haji pada 25 Juni 2020, dan berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada 26 Juni 2020,” ujar Jusuf.

Plt Kabid Haji dan Bimas Islam Kemenag Papua, H. Musa Marwawan, mengatakan kuota haji reguler di Papua pada musim haji 2020 berjumlah 1.076 orang, yang batal berangkat karena mengalami penyesuaian akibat pandemi virus korona.

“Semoga pembatalan haji tahun ini ada manfaatnya. Tetap jaga kesehatan dan gunakan waktu selama setahun ini untuk memperdalam ilmu manasik haji sehingga saat berangkat pada 2021 sudah siap dalan kondisi secara fisik dan mental,” ujar Narwawan. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top