Follow our news chanel

Previous
Next

Kesadaran masyarakat Kota Jayapura menggunakan masker masih rendah

papua-wali-kota-jayapura
Wakil Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, saat membagikan masker di Pasar Hamadi, Kota Jayapura-Papua Rabu (5/8/2020) - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di tempat umum masih rendah.

“Masker untuk melindungi diri saat kita keluar rumah biar tidak tertular virus korona,” ujar Rustan Saru, di Kantor Wali Kota Jayapura-Papua, Rabu (5/8/2020).

Menurut Rustan, angka kasus positif virus korona di Kota Jayapura terus bertambah. Hingga 4 Agustus 2020 sudah ada 1.864 orang yang teriveksi virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Baca juga: Pemprov Papua bahas penanganan Covid-19 bersama Pemkot Jayapura

“Salah satu penyebab membengkaknya angka tersebut karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, di antaranya penggunaan masker,” ujar Rustan yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jayapura.

Rustan mencontohkan beberapa tempat yang ditemukan masih rendah dalam penggunaan masker seperti di pasar-pasar tradisional, tempat wisata pantai, dan jalan umum.

“Tolong gunakan maskernya, nanti kalau tertular kan yang rugi diri sendiri. Jangan kalian anggap remeh. Apa susahnya menggunakan masker. Pedagang dan pembeli wajib menggunakan masker,” ujar Rustan.

Loading...
;

Baca juga: Update 4 Agustus: Ditambah 11 kasus baru, total kasus Covid-19 di Papua 3.087 kasus

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja untuk menegur warga dengan menggunakan rotan dengan tujuan menyadarkan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Namun sebelumnya, Pemerintah Kota Jayapura memberikan teguran, kalau juga tidak mau didengar maka tindakan tegas diberikan kepada warga yang kepala batu.

“Kami berikan pukulan di kaki dan warga yang tidak mematuhi pembatasan waktu aktivitas. Dari sisi kesehatan kita lebih mengetatkan kembali. Tingkat penyebaran (virus korona) di Kota Jayapura masih tinggi,” ujar Tomi Mano. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top