Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-operasi-yustisi-prokes
Pemerintah Kota Jayapura saat menggelar operasi yustisi penerapan protokol kesehatan atau sweeping masker gabungan di simpang tiga jalan raya Entrop, Kota Jayapura, Papua - Jubi/Ramah

Kesadaran masyarakat Kota Jayapura terapkan prokes meningkat

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengakui kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid-19 mulai meningkat. Hal itu terlihat dari sembilan kali melakukan operasi yustisi penerapan protokol kesehatan atau sweeping masker.

“Jumlah yang melanggar setiap kali sweeping mengalami penurunan. Dari awal sweeping pada minggu ketiga September, rata-rata 1.300 orang pelanggar atau 400 orang per hari selama tiga hari sweeping. Minggu terakhir September, hanya 200 orang per hari,” jelas Rustan Saru, saat apel gabungan operasi yustisi penerapan protokol kesehatan di halaman Kantor Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (20/10/2020).

Dikatakan Rustan, operasi yustisi penerapan protokol kesehatan yang dilakukan Pemerintah Kota Jayapura dengan melibatkan TNI dan Polri serta organisasi masyarakat yang tergabung dalam Satuan Tugas Covid-19 guna menekan pelanggar protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker, sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di ibukota Provinsi Papua ini.

“Mudah-mudahan sweeping kali ini bisa menekan jumlah pelanggar protokol kesehatan. Kalau warga sudah taat, disiplin protokol kesehatan, maka tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura akan semakin menurun,” ujar Rustan.

Baca juga: Pemkot Jayapura tingkatkan pantauan kontak pasien Covid-19

Rustan mengimbau Satgas Covid-19 Kota Jayapura agar melakukan sweeping secara humanis dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan kata lain harus bekerja sama dengan semua lapisan masyarakat demi terlaksananya sweeping dengan lancar.

Rustan menambahkan selain mencegah tertular virus korona, penggunaan masker juga bisa mencegah dari menghirup debu saat berjalan kaki atau saat mengendarai kendaraan sehingga terhindari dari penyakit pernapasan seperti asma.

Loading...
;

Pantauan Jubi saat operasi yustisi di Simpang Tiga Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Satgas Covid-19 Kota Jayapura rela berpanas-panasan mulai pukul 9 pagi sampai pukul 11 siang. Selain menghentikan warga yang tidak menggunakan masker, petugas juga memberhentikan pelanggar lalu lintas yang tidak menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor.

“Saya berharap warga mematuhi protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sweeping masker ini dilakukan demi kesehatan kita semua, jadi tolong kerja samanya untuk menggunakan masker,” ujar Kepala Distrik Jayapura Selatan, Nurjaya Kusuma, saat mengimbau pengendara saat melakukan sweeping masker. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top