Ketahanan pangan ditentukan aspek ketersediaan

papua-pedagang-pasar-youtefa
Pedagang komoditas pertanian di Pasar Youtefa, Kota Jayapura-Papua sedang menunggu pembeli - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jayapura-Papua, Jean H. Rollo, mengatakan salah satu aspek ketahanan pangan di tengah pandemi virus korona adalah adanya ketersediaa, mulai dari produksi hingga cadangan pangan.

“Krisis pangan saya pikir belum karena petani menanam. Ada yang garap lahan, tanam, dan panen. Itu berdasarkan survei kami dilapangan,” ujar Rollo di Kantor Wali Kota Jayapura-Papua, Senin (20/7/2020).

Menurut Rollo, pandemi virus korona yang melanda Kota Jayapura-Papua tak mempengaruhi aktivitas petani dalam memenuhi ketersediaan pangan sehingga dipastikan ketahanan pangan terjaga.

“Ketahan pangan juga dipengaruhi harga pangan di pasar di melonjak signifikan, seperti daging, telur, cabai, dan bawang, yang setiap tahun harganya melonjak tapi dalam masa (pandemi) Covid-19 ini harganya stabil,” ujar Rollo.

Dikatakan Rollo, kebutuhan masing-masing masyarakat berbeda akan kebutuhan pangan, seperti beras, ubi, bete, singkong, namun untuk menyikapi itu sebagai kebutuhan pangan sangat baik dalam menjaga ketersediaan pangan.

“Ketika masyarakat kota ini tidak makan nasi bisa makan keladi, ubi, sagu, atau singkong. Komoditas penyangga sangat tersedia cukup sehingga bila terjadi kelangkaan beras bisa diantisipasi dengan sagu, singkong,” ujar Rollo.

Baca juga: Wagub Papua: pangan lokal seperti sagu lebih sehat dibandingkan nasi

Loading...
;

Salah satu pedagang komoditas pertanian di Pasar Youtefa,Kota Jayapura-Papua, Laode, mengatakan harga komoditas saat ini sedang turun disebabkan stoknya melimpah.

“Pembeli sepi karena virus korona, orang takut ke pasar. Tahun ini tidak seperti tahun lalu. Saya ambil barang seadanya takut busuk karena sepi pembeli. Saya berharap virus korona ini cepat hilang supaya kami punya pendapatan bisa meningkat aktivitas pasar juga kembali normal,” ujar Laode. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top