Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

KKN UIN Suka gelar pelatihan digital marketing

papua-kkn-uin-sunan-kalijaga-pelatihan-digital-marketing
Pelatihan digital marketing yang digelar mahasiswa KKN Papua UIN Sunan Kalijaga di Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura-Papua, Sabtu (15/8/2020) – Jubi/mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) di Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua menggelar pelatihan digital marketing. Tema kegiatan yang diusung ialah “E-Training Digital Marketing UMKM Nimbokrang di Masa Pandemi dan New Normal Covid-19”. Kegiatan ini berlangsung di aula MTsN Jayapura, Sabtu (15/8/2020).

Usaha pemulihan ekonomi nasional dengan mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di era adaptasi kebiasaan baru atau new normal menjadi sasaran KKN UIN Suka di Nimbokrang.

Melalui pelatihan ini, pelaku usaha diajarkan mengoptimalkan peran aplikasi online shop dan media sosial yang dinilai efektif dan efisien dalam memasarkan produk UMKM di Nimbokrang. Selama ini, potensi tersebut kurang dioptimalkan karena terbatasnya skill masyarakat untuk menggunakan media online tersebut.

KKN UIN Suka gelar pelatihan digital marketing 1 i Papua

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Papua UIN Suka, Very Julianto, mengatakan potensi Nimbokrang sangat tinggi karena memiliki banyak macam produk UMKM. Namun, hingga saat ini potensi tersebut belum dioptimalkan secara menyeluruh terutama dalam pemasaran produk.

“Nimbokrang sebenarnya punya banyak potensi yang bisa dikembangkan tapi belum sepenuhnya dioptimalkan. Hal ini bukan karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah, tapi karena masih minim inovasi dan teknik dalam memasarkan produknya” tandasnya.

Baca juga: Aksi Merah Putih Canvas di Bukit Tungkuwiri

Baca juga: Dongkrak penjualan, UMKM di Kota Jayapura jualan via online

Loading...
;

Pelatihan ini mendatangkan pembicara Khoirun Nisa Sri Mumpuni, founder dan CEO Kitong Bisa Enterprise Indonesia Digital Marketing, dan Yusniar Renggina, seorang content creator digital marketing.

Khoirun Nisa memaparkan data pengguna media sosial yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Peralihan pemasaran produk dari offline ke pemasaran online sangatlah pesat. Beberapa pengguna juga didominasi oleh media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lainnya.

Sementara itu, Yusniar memaparkan manfaat media sosial di era saat ini sangat strategis. Mengingat perkembagan teknologi yang semakin pesat, customer di era normal baru cenderung ramai menggunakan media untuk mencari barang kebutuhannya.

“Memasarkan produk lewat media itu sangat efektif, apalagi zaman sekarang apa-apa pake handphone. Pas ada (pandemi) corona apalagi, orang-orang senang ya belanja online biar aman dan nyaman,” ungkapnya.

Pelatihan ini diikuti para pelaku UMKM dari berbagai bidang di Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua. Pelatihan ini terselenggarakan kerjasama antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jayapura dan kelompok KKN Papua UIN Suka. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top