Follow our news chanel

Previous
Next

KPU Merauke pastikan semua penyelenggara pilkada bebas Covid-19

papua-komisioner-kpu-merauke-rosina-kebubun
Komisioner KPU Merauke, Rosina Kebubun, sedang memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke-Papua, Rosina Kebubun, memastikan lima komisioner termasuk ketua, panitia pemilihan distrik (PPD), panitia pemungutan suara (PPS) maupun petugas pemutakhiran data  pemilih (PPDP) sebelum melaksanakan tugasnya dipastikan sehat dan bebas dari Covid-19.

“Nantinya pada hari H pencoblosan, 9 Desember 2020, petugas kami juga akan melakukan rapid test. Dari situ dapat diketahui apakah mereka sehat atau tidak. Maksudnya, agar ketika pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS), tak merasa takut mencoblos,” kata Rosina Kebubun kepada sejumlah wartawan di Merauke-Papua, Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, ini prosedur yang harus dilakukan, dimana semua penyelenggara pemilihan kepala daerah (pilkada) wajib melaksanakan rapid test sebelum pelaksanaan pencoblosan.

Baca juga: Hanya 4 pasangan calon mendaftar di KPU Merauke

Lebih jauh Rosina Kebubun mengatakan penggunaan alat pelindung diri berupa masker wajib dikenakan petugas termasuk warga yang mempunyai hak pilih ketika datang di TPS.

“Tentunya akan disiapkan tempat cuci tangan serta diberikan sarung tangan ketika masuk ke bilik suara,” katanya.

Selain itu akan dilakukan penyemprotan disinfektan di sekitar tempat pemungutan suara, mengaturan pemilih supaya tidak terjadi kerumunan, dan tinta yang biasa dicelup pemilih usai mencoblos, kini hanya diteteskan saja.

Loading...
;

Komisioner KPU Merauke lainnya, Frans Papilaya, menambahkan aturan ini diterapkan mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Olehnya, semua orang harus mentaati protokol kesehatan.

“Betul bahwa para penyelenggara juga wajib melakukan rapid test untuk memastikan bebas dari Covid-19. Ketika mereka melaksanakan tugas, tak membuat warga menjadi takut,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top