Follow our news chanel

Previous
Next

KPU Yahukimo serahkan nomor urut 02 kepada Abock Busup dan Yulianus Heluka

papua-pilkada-yahukimo-no-2
Abock Busup dan Yulianus Heluka saat menunjukkan nomor urut dan disaksikan komisioner KPU dan Bawaslu Yahukimo - Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yahukimo, Provinsi Papua resmi menyerahkan nomor urut 02 kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo, Abock Busup dan Yulianus Heluka, yang akan bertarung pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo, 9 Desember mendatang.

Penyerahan nomor urut 02 kepada pasangan calon Abock Busup dan Yulianus Heluka itu dilaksanakan di ruangan KPU Yahukimo, Selasa (6/10/2020), setelah sebelumnya KPU sempat menyerahkan nomor urut 02 kepada pasang calon Bupati dan Wakil Bupati, Didimus Yahuli dan Esau Miram, pada 23 September lalu.

“Sesuai dengan PKPU no 10 tahun 2010 tentang pencalonan dan kami KPU sudah menerima sesuai dengan jadwal dan tahapan. Kami sudah mengeluarkan pengumuman, dari tanggal 3 sampai dengan hari ini (6 Oktober). Di dalamnya ada dua pasangan calon yang mendaftar ke kami KPU Yahukimo yaitu pertama Didimus Yahuli dan Esau Miram, yang kedua adalah Abock Busup dan Yulianus Heluka,” kata Ketua KPU Yahukimo, Yesaya Magayang, kepada Jubi di Yahukimo-Papua, Selasa (6/10/2020).

Baca juga: Bawaslu Yahukimo akan rekrut 866 pengawas TPS

Yesaya Magayang menjelaskan anggota legislatif di Yahukimo ada 35 orang, yang berasal dari 16 partai politik. Sementara dari 16 partai itu, yang memperoleh kursi di DPRD adalah 12 partai dan hanya mengusung 2 pasangan calon.

Kedua pasangan calon itu adalah Didimus Yahuli dan Esau Miram yang diusung empat partai politik dan dua partai politik yang tidak memiliki kursi di DPRD, serta pasangan calon Abock Busup dan Yulianus Heluka, yang diusung delapan partai politik dan dua partai politik non-seat.

“Jadi, pada kesempatan ini juga, kami sudah tetapkan dua pasangan calon ini. Yang satunya kami sudah melakukan sesuai dengan jadwal dan tahapan pada tanggal 23 September dan tanggal 24 itu sudah pengambilan nomor urut. Kenapa kami KPU melakukan pengambilan karena dua pasangan calon tidak datang bersamaan, maka kami siapkan nomor urut dan pasangan calon itu datang ambil. Kalau sesuai dengan jadwal dan tahapan maka kami siapkan kotak lalu dua-dua maju ke depan dan pencabutan nomor urut. Jadi bagian ini perlu ketahui,” papar Yesay Magayang.

Loading...
;

Sementara itu, Ketua Bawaslu Yahukimo-Papua, Sepius Mirin, mengatakan KPU telah menetapkan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo.

“Sesuai PKPU, KPU sudah lakukan. Pemberian nomor urut dari KPU dan penetapan. Kami sudah melakukan pengawasan dan hari ini pas 14 hari jatuh tempo dan KPU sudah penetapan. Kami Bawaslu siap mengawasi tahapan berikutnya yaitu kampanye,” kata Sepius Mirin. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top