Follow our news chanel

KPU Yalimo: 28 November seluruh logistik tiba di Wamena

papua-ketua-kpu-yalimo
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Yalimo, Yehemia Walianggen - Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua menargetkan seluruh logistik kebutuhan pemilukada pada 9 Desember 2020 pada 28 November 2020 tiba di Wamena.

Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen, saat dihubungi Sabtu (21/11/2020), mengatakan sesuai jadwal dari pihak penyedia logistik pada 23 November 2020, surat suara akan tiba di Jayapura.

“Selanjutnya penyedia akan antar surat suara di Wamena, dan akan lakukan serah terima barang dari pihak penyedia di Wamena, disaksikan Bawaslu dan pihak keamanan,” kata Waliangen kepada Jubi di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawiijaya, Provinsi Papua, Sabtu (21/11/2020).

Katanya, saat ini KPU Yalimo sedang fokus pada logistik seperti surat suara dan formulir. Namun perusahaan yang menang tender berbeda-beda. Surat suara dari Surabaya, formulir dari Jember, serta APK dan bahan kampanye dari Makassar.

“Logistik tidak ditangani satu perusahaan, sesuai pemenang tender, dan KPU selalu memonitor itu semua. Setelah tiba akan ditampung di Wamena dan distribusi semua dari Wamena,” katanya.

Kata Yehemia Walianggen, untuk logistik alat peraga dan bahan kampanye telah selesai dan telah diserahkan ke setiap pasangan calon.

Katanya, bahan dan alat peraga kampanye didesain langsung oleh pasangan calon, yang telah dilakukan penandatanganan persetujuan baik KPU, Bawaslu, dan paslon.

Loading...
;

“Kami hanya memfasilitasi sesuai dengan desain yang diserahkan paslon. Sebagai penyelenggara kami hanya melaksanakan tahapan berdasarkan ketentuan. Pemilihan nanti itu semua merupakan hak kedaulatan rakyat untuk memilih, sehingga jangan ada kecurigaan atau isu-isu yang dibangun jika KPU berpihak ke salah satu paslon, itu tidak benar,” katanya.

Baca juga: Pemkab Yalimo gelar rakor persiapan Pilkada 2020

Sementara itu, Ketua Bawaslu Yalimo, Habakuk Mabel, mengatakan pihaknya tetap melakukan pengawasan melekat kepada KPU dalam pelaksanaan tahapan pilkada.

“Termasuk dalam pendistribusian logistik pengawasan tetap melekat sesuai PKPU, di mana semua tahapan yang dilaksanakan, Bawaslu berperan aktif mengawal,” katanya.

“Agar semua proses tahapan pengawasannya maksimal, sehingga dapat mewujudkan kualitas demokrasi pilkada Yalimo yang jujur adil dan demokratis serta bermartabat,” sambungnya.

Pilkada di Kabupaten Yalimo, salah satu kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua, akan diikuti dua paslon. Paslon nomor urut 1, Erdi Dabi dan Jhon Wilil, diusung tiga parpol dengan jumlah lima kursi kursi di DPRD. Paslon nomor urut 2, Lakius Peyon dan Nahum Mabel, diusung 10 parpol dan 20 kursi DPRD setempat. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top