Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kuota kelulusan OAP hanya 22 persen, peserta tes CPNS 2018 Manokwari protes

papua-cpns-2018-manokwari
Peserta tes CNPS formasi 2018 di Manokwari protes hasil tes karena kuota kelulusan OAP hanya 22 persen - Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Ratusan peserta tes CPNS formasi 2018 Kabupaten Manokwari kembali melakukan aksi turun ke jalan aksi menyusul pengumuman resmi hasil tes pada Jumat (31/7/2020).

Aksi protes gelombang kedua itu karena jumlah orang asli Papua (OAP) yang dinyatakan lulus tes hanya 83 orang dari total kuota kelulusan 380.

Koordinator aksi, Yulianus Indouw, menyatakan aksi tersebut sebagai bentuk luapan kekecewaan ribuan peserta tes CPNS [khusus] OAP karena yang diharapkan tak sesuai dengan kenyataan. Hasil tes CPNS formasi 2018 Kabupaten Manokwari didominasi non-OAP.

“Kami tentu akan protes, karena OAP yang lulus tes hanya 83 orang atau 22 persen dari kuota 380,” ujarnya.

Dia ‘mengacungi jempol’ kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dan Provinsi Papua Barat karena ‘luar biasa’ dalam  menjamin keberpihakan bagi OAP yang terlibat sebagai peserta tes CPNS 2018, saat otomoni khusus (otsus) masih berlaku di Manokwari.

“Inikah implementasi otsus untuk OAP di Kabupaten Manokwari? Pemda Manokwari dan Provinsi (Papua Barat), kalian ‘luar biasa’,” ujarnya menyindir.

Dalam aksi tersebut, tak satupun pejabat pemerintah datang mendengar aspirasi ratusan peserta aksi. Namun aksi itupun berjalan aman, tidak anarkis. Sejak Jumat siang hingga petang, tepatnya di perempatan lampu merah Jl.Yos Sudarso Sanggeng Manokwari, Papua Barat, situasi kondusif.

Loading...
;

Aksi itu dijaga aparat gabungan TNI/Polri, termasuk di Kantor BKD Manokwari pun dijaga ketat aparat gabungan dengan membarikade sekeliling Kantor BKD Manokwari menggunakan pagar kawat berduri (barrier).

Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan, kembali mengingatkan peserta aksi yang menyampaikan aspirasi agar tetap berada dalam koridor demokrasi damai, tidak anarkis, atau merusak fasilitas publik dan mengganggu ketertiban umum.

“Silakan sampaikan aspirasi dengan cara-cara damai, tapi tidak menutup (blokade) jalan atau merusak fasilitas umum,” terang Dadang saat ditemui wartawan di sekitar lokasi aksi.

Baca juga: Bertahan hingga malam, ribuan peserta tes CPNS 2018 Manokwari pulang tanpa hasil

Sebelumnya, Kepala BKD  Manokwari, Anthon Renyaan, menegaskan bahwa hasil tes CPNS formasi 2018 Manokwari, bukan ranah kabupaten dan provinsi dalam menentukan kelulusan, tetapi merupakan kewenangan Panitia Seleksi Nasional dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Kami di daerah bukan penentu hasil, itu semua dari pusat,” kata Renyaan, sembari menjawab permintaan kuota [80 persesn OAP dan 20 persen Non OAP] oleh ratusan peserta tes pada Kamis (30/7/2020) malam, sebelum pengumuman hasil tes CPNS formasi 2018. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top