Follow our news chanel

Previous
Next

Lagi, karyawan dan pekerja Freeport demo serta memblokade Mile 72

Freeport Papua
Sejumlah karyawan dan pekerja PT Freeport Indonesia (PTFI) kembali berunjuk rasa dan memblokade jalan Mile 72 di areal kerja PTFI, Distrik Tembagapura, Mimika, Rabu (2/9/2020). - IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejumlah karyawan dan pekerja PT Freeport Indonesia atau PTFI kembali berunjuk rasa di Mile 72, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (2/9/2020), dan memblokade jalan penghubung Tembagapura dan areal tambang PTFI itu. Para pengunjuk rasa itu menagih janji PTFI membayar insentif tambahan bagi mereka yang bekerja pada masa pandemi Covid-19.

Salah satu pengunjuk rasa yang dihubungi Jubi pada Rabu malam menyatakan unjuk rasa para karyawan dan pekerja PTFI di Mile 72 itu dimulai pada Rabu pukul 20.00 WP. Ia menyatakan para pengunjuk rasa memblokade jalan di Mile 72, membuat akses jalan dari Tembagapura menuju areal tambang emas di Papua itu tertutup.

“Kami  buruh PTFI kembali kembali marah dan melakukan pemalangan jalur utama menuju area produksi PTFI, sehingga aktifitas produksi kembali terganggu dan produksi berhenti,” tulis narasumber yang minta dirahasiakan namanya itu melalui layanan pesan Whatsapp.

Baca juga: Tuntutan dipenuhi, unjuk rasa dan blokade jalan di Freeport berakhir

Salah seorang pengunjuk rasa lainnya menyatakan unjuk rasa karyawan pada Rabu malam terkait pembayaran uang insentif bagi mereka yang tetap bekerja selama tujuh bulan masa pandemi Covid-19. Pekan lalu, para karyawan dan pekerja PTFI menerima janji bahwa uang insentif itu akan dibayarkan pada 31 Agustus 2020.

“Kami [yang menuntut pembayaran uang insentif itu] bukan satu-dua orang. Kami ribuan karyawan, yang menuntut pihak manajemen untuk segera membayar uang selama masa Covid-19,'” katanya.

Menurutnya, para pengunjuk rasa telah mendirikan tenda di Mile 72. “Massa aksi buruh masih membangun tenda, dan memblokade jalan dengan dua alat berat,” katanya.

Loading...
;

Baca juga: Demo karyawan berlanjut, operasi tambang Freeport dijalankan secara terbatas

Tembagapura adalah kawasan permukiman dan kantor di dalam areal kerja PTFI, terletak di Mile 66, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Tembagapura menjadi tempat tinggal atau tempat menginap bagi para karyawan dan pekerja yang tidak sedang menjalankan gilir kerja. Jika blokade jalan oleh para pengunjuk rasa itu efektif, para karyawan dan pekerja PTFI dari Tembagapura tidak dapat menjangkau areal tambang PTFI.

Pada pekan lalu, para karyawan dan pekerja PTFI juga berunjuk rasa di Mile 72, dan memblokade jalan itu. Unjuk rasa dan blokade itu berakhir pada Jumat (28/8/2020), setelah manajemen mengabulkan tuntutan para pengunjuk rasa. Tuntutan yang dipenuhi manajemen PTFI itu termasuk menyediakan bus bagi karyawan dan pekerja yang libur, serta menjanjikan tambahan insentif uang bagi mereka yang bekerja pada masa pandemi Covid-19.

Ketika dikonfirmasi pada Rabu malam, Vice President Coorporate Communication PTFI, Riza Pratama mengatakan belum dapat mengonfirmasi informasi terkait unjuk rasa dan blokade jalan di Mile 72 itu. “Kami masih mencari informasi dan konfirmasi dari karyawan,” katanya membalas pesan Wattshap dari Jubi.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top