Follow our news chanel

Mahasiswa KKN Fattahul Muluk bersihkan sampah di Kampung Buton

papua-mahasiswa-KKN
Sejumlah mahasiswa KKN dari Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua saat menyusuri sepanjang jalan di Kampung Buton, Kota Jayapura-Papua sambil memungut sampah - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa sangat penting karena mengajarkan secara langsung pentingnya arti pengabdian, sekaligus membangun hubungan yang erat dengan masyarakat.

Seperti itulah yang dialami sejumlah mahasiswa semester tujuh Program Studi Pendidikan Agama Islam dari Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua, yang sedang melaksanakan KKN di Kampung Buton, Skyline, Kota Jayapura, Papua, dengan menggelar program Jumat bersih untuk menjaga kebersihan kampung.

Meski di tengah situasi pendemi korona saat ini, tak menyurutkan semangat mereka dengan menyusuri jalan di Kampung Buton sambil memungut sampah. Ada juga yang memegang sapu lidi sambil menyapu jalan, dan sebagian membawa kantong plastik untuk menyimpan sampah yang dipungut di sepanjang jalan.

“Program Jumat bersih ini sebagai bentuk kepedulian kami dalam menjaga kebersihan lingkungan karena kebersihan itu sebagian dari iman,” ujar Koordinator Humas Mahasiswa KKN IAIN Fattahul Muluk Papua, Dedi Muhammad Saldi, saat ditemui Jubi, Jumat (17/7/2020).

Dikatakan Dedi sapaan akrabnya, meski sedang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, pihaknya tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah supaya kegiatan bisa berjalan dengan lancar.

“Ini sudah Jumat ketiga. Kami dibantu pemuda di Kampung Buton. Kami membersihkan mulai dari RT 01 dan RT 02. Kegiatan ini sampai Senin (pekan) depan, yang menandakan sudah penarikan KKN,” ujar Dedi.

Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan kampung, dikatakan Dedi, program Jumat bersih ini juga untuk membangun kekeluargaan antara Kuliah Kerja Nyata Lintas Nusantara Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua bersama pemuda kampung.

Loading...
;

“Harapannya bisa berkelanjutan, tidak hanya adanya mahasiswa yang melakukan KKN ini saja tapi menumbuhkan kesadaran warga untuk tetap melaksanakan kegiatan Jumat bersih untuk menjaga kebersihan lingkungan agar kelihatan bersih dan terlihat indah,” ujar Dedi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata di Kampung Buton Skyline ini mendapat apresiasi dari Ketua RT 01, Geraldus.

“Kegiatan ini sangat bagus, dan saya sangat berterima kasih karena sudah mau membantu menjaga kebersihan di lingkungan kami. Saya sendiri gencar mengajak warga untuk menjaga kebesihan dan membuang sampah pada tempatnya, dan di waktu yang sudah ditentukan jam buang sampah,” ujar Geraldus. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top