Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-layanan-puskesmas-mopah-baru
Pelayanan di Puskesmas Mopah Baru yang telah dibuka kembali – Jubi/Frans L Kobun

Masyarakat datang tanpa masker diminta pulang

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Setelah beberapa hari tak membuka pelayanan karena satu petugas loket terkonfirmasi Covid-19, terhitung mulai hari ini, Kamis (22/10/2020), Puskesmas Mopah Baru, Merauke, Provinsi Papua kembali membuka pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pihak puskesmas menerapkan aturan ketat, bagi masyarakat yang datang untuk berobat, konsultasi kesehatan, atau mengurus surat keterangan, wajib menggunakan masker. Jika tidak memakai masker, petugas kesehatan di puskesmas itu akan minta mereka pulang.

“Memang kita buka pelayanan mulai hari ini untuk semua layanan. Namun protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan sebagaimana biasa. Warga yang datang tidak pake masker, kami minta pulang,” ujar Kepala Puskesmas Mopah Baru,  Sugeng, kepada Jubi di ruang kerjanya, Kamis (22/10/2020).

Dikatakan Sugeng, setiap orang yang datang berobat, wajib mengenakan masker. Khusus orang sakit, tentu tak mungkin disuruh pulang, tetapi akan diberikan masker jika tak memakai masker. Tetapi warga yang datang untuk konsultasi kesehatan dan mendapatkan surat keterangan, dipastikan diminta pulang kalau tak mengenakan masker.

“Awal-awal kami menyediakan masker, tapi sejak beberapa bulan terakhir tidak lagi, karena anggaran kami juga terbatas,” katanya.

Baca juga: Enam tenaga medis Puskesmas Mopah jalani karantina mandiri

Ditambahkan, meskipun enam tenaga medis menjalani karantina, namun pelayanan tetap berjalan normal karena masih banyak medis yang masuk untuk kerja seperti biasa.

Loading...
;

Markus (40), seorang warga yang datang berobat di Puskesmas Mopah Baru, mengaku selalu mengenakan masker, lantaran dari informasi yang dia dapatkan, puluhan orang terkonfirmasi Covid-19 dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

“Saya sedang sakit sehingga datang ke pukesmas memeriksakan kesehatan sekaligus bisa mendapatkan obat,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Scroll to Top