Follow our news chanel

Museum Noken di Waena harus segera difungsikan

Museum Noken Papua
Seorang warga sedang menatap museum Noken di Expo Waena, Kota Jayapura. - Jubi/Abeth You

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – John NR Gobai, Sekretaris II Dewan Adat Papua mempertanyakan Museum Noken di Expo Waena, Kota Jayapura, Papua yang tak kunjung difungsikan. Gobai menyatakan Pemerintah Provinsi Papua harus segera memfungsikan museum yang telah dihibahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Gobai menyatakan pembangunan Museum Noken pada 2013 dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pasca itu, Direktorat Jenderal Kebudayaan telah menghibahkan Museum Noken kepada Pemerintah Provinsi Papua.

Baca juga: Noken, suvenir yang disiapkan Pemkot Jayapura untuk pemenang PON

“Beberapa waktu lalu saya baca di media jika Museum Noken itu telah dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Papua. Pemerintah daerah mestinya segera mengambil langkah agar museum itu difungsikan,” ujar Gobai kepada Jubi, Sabtu, (14/11/2020).

Gobai meminta Pemerintah Provinsi Papua segara membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas untuk memfungsikan Museum Noken. Museum itu dapat menjadi tempat untuk mempelajari tradisi noken, tas anyaman berbahan kulit kayu yang telah ditetapkan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sebagai warisan kebudayaan tak benda.

Baca juga: Lomba kreasi Noken untuk tingkatkan kreativitas perajin

Museum Noken juga dapat menjadi tempat bagi Mama-mama Papua untuk menjual noken. Selain itu, museum itu juga dapat menjadi lokasi pameran dan tempat orang berlatih membuat noken, sehingga Museum Noken dapat menjadi ikon dan daerah tujuan wisata di Kota Jayapura. “[Pemprov Papua] hingga Kementerian [Pendidikan dan Kebudayaan dapat] memfungsikan museum tersebut sebagai ikon daerah yang bernilai budaya tinggi,” ujar Gobai.

Loading...
;

Titus Pekei, pencetus noken sebagai warisan budaya tak benda UNESCO, menyatakan Museum Noken adalah aset penting yang harus dijaga dan difungsikan. Pekei menyatakan kelambanan Pemprov Papua memfungsikan Museum Noken menunjukkan Pemprov Papua tidak peka terhadap keberadaan noken sebagai warisan budaya tak benda UNESCO.

“Saya mendesak Pemerintah Provinsi Papua untuk segera memfungsikan Museum Noken yang terletak di Expo Waena, Kota Jayapura itu. Masalahnya di mana hingga lama difungsikan, ini harus terbuka,” ucap Pekei.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top