Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-urc-satgas-covid-19-polresta-jayapura
URC Satgas Covid-19 Polresta Jayapura saat mengevakuasi warga secara protokol kesehatan - Jubi/Ramah

Nakes, prioritas penerima vaksin tahap pertama di Kota Jayapura

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Provinsi Papua, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan tahap pertama pemberian vaksin diprioritaskan tenaga kesehatan (nakes), karena mereka yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19.

“Tenaga kesehatan yang menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksin pertama karena merupakan garda terdepan melayalani pasien Covid-19,” ujar Antari di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (7/1/2021).

Dikatakan Antari, ada 600 orang tenaga kesehatan yang bertugas di Dinas Kesehatan maupun puskesmas diibukota Provinsi Papua tersebut, yang harus divaksinasi supaya memiliki kekebalan dan tidak mudah terpapar virus korona saat melakukan pelayanan.

“Kalau rumah sakit (tenaga kesehatan) masih belum jelas, apakah ditangani langsung provinsi atau pemerintah kota. Ada informasi 14 ribu lebih yang diterima tapi pembagiannya dari provinsi. Kami tunggu berapa kami dapat,” ujar Antari.

Dikatakan Antari, Dinas Kesehatan Kota Jayapura sudah siap untuk pelaksanaan vaksinasi, hanya saja belum diketahui berapa dosis vaksin yang akan didapatkan Pemerintah Kota Jayapura.

“Target awal pemberian vaksin kepada petugas kesehatan, selanjutnya pemberi layanan publik, dan berikutnya masyarakat. Kami akan segera melakukan pelatihan untuk cara melakukan vaksinasi, anggaran sudah tersedia,” ujar Antari.

Antari menambahkan untuk pelaksanaan vaksinasi di Kota Jayapura ditargetkan 500 orang dalam sehari, dengan menghitung jumlah penduduk usia 18-59 tahun atau sebanyaknya 170.500 orang.

Loading...
;

“Tapi pelaksaannya kami lihat ke depan, karena vaksinasi dilakukan dua tahap. Tahap pertama, lalu jeda dua minggu kemudian tahap kedua,” ujar Antari.

Baca juga: Pasien sembuh Covid-19 di Kota Jayapura terus bertambah

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan tidak lengah meski angka kesembuhan pasien Covid-19 di ibukota Provinsi Papua ini berada di angka 96 persen. Masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Jangan sampai vaksin sudah ada, tapi sudah meninggal duluan. Ini jangan sampai terjadi lagi di Kota Jayapura. Tetap patuhi protokol kesehatan agar kita semua sehat, sampai waktunya pemberian vaksin,” ujar Rustan. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top