TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Nasib pansus bantuan korban banjir bandang diputuskan Kamis

Dukungan Pembentukan Pansus Dana Korban Bencana Banjir Bandang, Papua
Foto ilustrasi, salah satu anggota DPRD Kabupaten Jayapura membubuhkan tanda tangan di spanduk Forum Peduli Kemanusiaan dalam demonstrasi yang berlangsung di Sentani, Senin (26/7/2021). - Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Rapat penetapan rencana kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Jayapura pada Selasa (27/7/2021) sepakat untuk mengagendakan sidang paripurna DPRD Kabupaten Jayapura pada Kamis (29/7/2021) pekan ini. Sidang paripurna itu akan memutuskan usulan pembentukan Panitia Khusus yang akan menyelidiki dugaan salah kelola dana hibah Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB senilai Rp275 miliar.

Rapat penetapan rencana kerja DPRD Kabupaten Jayapura di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Papua, pada Selasa berjalan alot, gara-gara 13 dari 25 anggota DPRD Jayapura terus menyuarakan tuntutan agar DPRD Kabupaten Jayapura membentuk Panitia Khusus (pansus) untuk memeriksa dugaan penyimpangan dana hibah BNPB. Hibah senilai Rp275 miliar itu dikucurkan untuk membiayai rekonstruksi pasca bencana banjir bandang Sentani yang terjadi 16 Maret 2019.

Rapat pada Selasa bahkan sempat deadlock selama beberapa jam, karena para peserta rapat menolak usulan 13 anggota dewan untuk membentuk pansus. Akan tetapi, akhirnya rapat mengagendakan sidang paripurna pada Kamis pekan ini, untuk membahas dan memutuskan usulan pembentuk pansus itu.

Baca juga: Bupati Jayapura: Cukup bawa bukti, tidak perlu demo

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Jayapura, Lerry Patrix Suebu membenarkan bahwa 13 anggota dewan yang membubuhkan tanda tangan di spanduk massa Forum Peduli Kemanusiaan pada Senin (26/7/2021) solid mendukung pembentukan pansus. Suebu menyatakan mekanisme pembentukan pansus harus berjalan, karena sudah ada surat usulan dari anggota dewan.

“Pengusulan melalui surat resmi oleh anggota dewan telah kami lakukan. Saya sebagai Ketua Fraksi Gerindra dan saudara Piet Hariyanto Soyan selaku Sekretaris Fraksi PKB [sudah membuat surat itu]. Berdasarkan surat tersebut, pimpinan dan anggota dewan akan membahas [usulan itu] dalam Badan Musyawarah, untuk diputuskan dan ditetapkan dalam sidang paripurna,” kata Suebu.

Suebu menyatakan ada dua pansus yang diusulkan. “Ada dua pansus yang akan dibentuk, salah satunya adalah pansus banjir bandang, dimana penyerapan dana hibah [BNPB] sebesar Rp275 miliar perlu ada kejelasan. Berdasarkan laporan penyerapannya baru 7 persen, sementara anggaran itu harus [terserap habis] pada 3 September mendatang, ” ucapnya.

Sekretaris Fraksi PKB DPRD Kabupaten Jayapura, Hariyanto Piet Soyan mengatakan pembentukan pansus itu akan berdampak kepada semua kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura. Ia menyatakan kepentingan masyarakat yang terdampak banjir bandang sejak Maret 2019 hingga kini belum diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Baca juga: 13 anggota DPRD Kabupaten Jayapura janji akan dorong pembentukan pansus

“Penanganan korban bencana yang wajib dilakukan pemerintah terhadap warga bukan sekedar pembangunan infrastruktur fisik saja. [Pemerintah harus memastikan] kehidupan mereka benar-benar layak. Pansus harus terbentuk untuk meng-cover semua permasalahan di bawah, ” ujarnya.

Anggota Fraksi Bhineka Tunggal Ika DPRD Kabupaten Jayapura, Clief Ohee mengatakan sebagai wakil rakyat ia berkomitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat yang menutut pembentukan pansus. Apalagi, demikian menurut Ohee, Forum Peduli Kemanusiaan sudah berulang kali datang ke DPRD Kabupaten Jayapura dan menuntut pembentukan pansus.

“Secara pribadi saya apresiasi kepada rekan-rekan sesama anggota dewan yang berkomitmen mendorong terbentuknya pansus. Sesuai dengan komitmen yang sudah kami tanda tangani dihadapan masyarakat kita pada aksi demonstrasi Senin, ” ujar Ohee pada Selasa. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us